Wajah Taman Gondang Manis dan Potret Keasrian Lingkungan




KUDUS - Suara cericit burung sayup-sayup masih terdengar jelas, diikuti dengan aneka kupu-kupu kecil yang berterbangan bebas kesana-kemari diantara sederet tanaman hias yang menghampar. Taman bernama Gondang manis, yang beralamat di Desa Dersalam, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus ini menampilkan sebuah wajah taman kota yang asri dan juga menyejukkan.

Di taman yang berada tepat di Jalan Universitas Muria Kudus (UMK) ini tumbuh pepohonan besar yang rindang, mulai dari pohon mahoni, ketapang, mangga, randu, sengon hingga pohon sawo. Dari pengamatan yang dilakukan reporter Jawa Pos Radar Kudus Rabu (23/8/2017) lalu. Semua pepohon tampak terawat dengan baik, tiap sudut area taman nampak bersih dan juga rapi.

“Di sini perawatan taman bisa dibilang 24 jam, sebab petugas kebersihan taman ini terbagi menjadi 3 shift diantaranya shift pagi, siang hingga malam,” terang Hendro (21), salah satu petugas kebersihan dari Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPKPLH) Kabupaten Kudus.

Masih menurut Hendro, selain pohon-pohon besar seperti mahoni dan lainnya, taman ini juga diperindah dengan tanaman hias yang beraneka rupa. “Ada tanaman hias sepanjang masa, tanaman pucuk merah, bayam merah, bayam putih dan juga pandan bali,” katanya di sela-sela aktifitasnya menyirami tanaman hias bayam merah pagi itu.
Selain aneka pepohonan besar dan tanaman hias, taman ini juga dilengkapi dengan fasilitas sampah yang memadai. Setidaknya di tiap sudut Taman Gondang Manis tersedia tong-tong sampah beraneka warna yang memisahkan antara sampah organik dan juga non organik.

Di taman ini juga difasilitasi sebuah tempat pengolahan kompos yang terletak di area paling belakang. Uniknya, menurut penuturan Hendro, pengolahan kompos ini menggunakan teori dari taman kembali untuk taman. Bahan baku kompos, sampah daun diambil dari taman kemudian diolah menjadi kompos yang nantinya juga untuk memupuk tanaman yang ada di Taman Gondang Manis.

Wisata keluarga
Dengan wajah taman yang asri, sejuk dan nyaman, membuat siapa saja pasti ingin singgah di Taman Gondang Manis ini. Hal ini seperti yang diungkapkan Yuanita Hafid (40), ia mengaku senang dengan pemandangan taman yang indah seperti taman Gondang manis ini.

“Taman ini terlihat indah dan sejuk, pohonnya rindang,” katanya. Perempuan yang tinggal di Colo ini mengaku keluarganya lebih senang bepergian ke taman-taman, dari pada berwisata ke tempat seperti waterboom.

“Namun sayang, taman yang rindang seperti ini fasilitas bermain anak masih belum memadai,” lanjutnya.

Ia mengharapakan, taman seperti Taman Gondang Manis ini dilengkapi dengan mainan anak-anak seperti perosotan, ayunan yang lebih banyak lagi. “Agar taman bisa jadi wahana wisata keluarga,” pungkasnya. (kur)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »