Dinas Sediakan Ratusan Tong Sampah Untuk Sekolah



 

TONG SAMPAH : Beberapa tong sampah yang akan dibagikan ke sekolah yang berdedikasi terhadap kesadaran lingkungan.

Lingkar Muria, PATI – Sekitar 300 unit tong sampah disediakan untuk sekolah-sekolah yang bersedia bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pati. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pati, Purwadi melalui Kasi Peningkatan Kapasitas, M .Ihsan, menuturkan, selain tong sampah, dinas juga menyediakan komposter dan alat untuk membuat biopori.
”Ini dilakukan sebagai reward atas sekolah yang berdedikasi merawat lingkungan sekitar, atau sekolah adiwiyata. Saat ini sudah ada beberapa yang sudah didistribusikan ke sekolah-sekolah,” kata Ihsan kepada Lingkar Muria kemarin.
Lebih lanjut Ihsan menuturkan, program ini dilakukan sebagai upaya menciptakan kesadaran lingkungan, bukan hanya kepada siswa saja, tetapi kepada semua warga sekolah. Baik guru maupun pegawai sekolah.
Hal ini dilakukan agar menciptakan karakter siswa yang peduli terhadap lingkungannya. Ihsan menyontohkan, di Kabupaten Pati, dijumpai beberapa titik dijadikan sasaran tempat pembuangan sampah sembarangan. 

”Parahnya di titik itu sudah dipasang plang peringatan larangan membuang sampah sembarangan. Selain itu juga ditulis dengan sindiran, hanya monyet yang boleh membuang sampah di sini. Tetapi parahnya sampah malah menumpuk disekitar plang tersebut,” papar Ihsan dengan nada kecewa.
Menurutnya, penangan sampah memang memerlukan sinergi pemerintah dan masyarakat, penanganan sampah bukan hanya urusannya Dinas Lingkungan Hidup saja.  ”Untuk itu dengan merangkul anak sekolah, nantinya bakal mencetak generasi yang peduli lingkungan,” imbuhnya.
Dengan adanya program adiwiyata, dengan kegiatan-kegiatan seperti penangan sampah dapat melatih anak untuk sadar tentang lingkungan.
Saat ini, kata Ihsan di Kabupaten Pati sudah ada 135 sekolah adiwiyata, ada 11 sekolah yang sudah masuk adiwiyata tingkat nasional baik tingkat SD, SMP, dan SMA. (kur)   

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »