Berawal dari Hobi, Bisnis Kuliner Ditekuni




Nila Fadhillah



Hobi memang menyenangkan. Dari hobi juga bisa mendatangkan segalanya, jalan hidup, termasuk juga keuntungan. Nila Fadhillah membuktikan itu, hobinya membawakan keberkahan. Perempuan kelahiran Jepara, 14 Mei 1997 ini, sekarang bergelut di usaha catering yang ia kelola bersama kakak perempuannya.
”Awalnya dulu saya disuruh bantu-bantu ibu masak. Lama-kelamaan jadi suka, setelah itu saya kerap baca koran kuliner, hingga suka nonton acara masak  di televise. Dari situlah hobi masak saya tumbuh dan berkembang ketika sudah memulai mempraktikkan apa yang say abaca dan lihat,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Kudus.
 Dulu, lanjut Nila, usaha catering itu milik ibunya, namun hanya sebatas biasa-biasa saja dan masih tergolong kecil. ”Setelah saya masuk kuliah dan ikut organisasi kewirausahaan mahasiswa, saya mulai belajar soal manajemen, serta pengembangan sebuah usaha. Akhirnya bersama kakak perempuan saya, usaha catering kami kembangkan berdua,” imbuh perempuan yang sedang menempuh S1 di Jurusan Dakwah IAIN Kudus ini.


Sekarang usahanya sudah lumayan moncer dan banyak dikenal orang. Nila pun mulai sering mendapat pesanan-pesanan seperti kue ulang tahun, hajatan, nasi kotak untuk acara-acara rapat, jajanan untuk pesta pernikahan, hingga pesanan di hari lebaran.
”Menjelang lebaran pesanan membludak. Terutama kue-kue kering untuk dihidangkan di hari lebaran,” terang perempuan nomor tujuh dari delapan bersaudara ini.
Bagi Nila, menekuni hobi memang menyenangkan. Terlebih jika serius dan fokus, hobi itu bisa jadi jalan hidup seseorang. ”Dengan menjalankan usaha ini saya pun mulai mandiri. Uang saku saya ambil dari hasil jerih payah usaha ini. Sementara untuk biaya kuliah masih dibantu dengan kakak-kakak saya yang sudah bekerja,” imbuhnya. Lebih lanjut Nila menuturkan, selain hobi, dengan usaha ini ia juga berlatih hidup mandiri.
”Karena saya menjalani ini semua atas dasar hobi, saya pun enjoy saja. Selalu merasa suka, tak pernah berduka. Apalagi dengan menjalani usaha ini saya makin banyak mengenal orang, dari situ pengalaman pun bertambah,” terangnya. (lil)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »