Gemar Nonton Film Untuk Bahan Pelajaran



Indah Tika Agnesya



Banyak cara dilakukan untuk menimba pelajaran. Bisa dengan membaca buku, mendengarkan dongeng, hingga dengan menonton film. Bagi Indah Tika Agnesya, hal terakhir itu yang kini ia gandrungi untuk mengunduh pelajaran-pelajaran, terutama dalam kehidupan nyata.
Indah -sapaan akrabnya- gemar nonton film bukan cuma untuk menghibur diri. Namun ia punya maksud lain yang lebih dari sekedar hiburan. Indah menjadikan film sebagai tempatnya mengunduh banyak pelajaran.
”Saya gemar nonton film, sebab ceritanya yang bisa saya jadikan pelajaran,” kata perempuan kelahiran Pati, 11 Juli 1996 ini kepada Lingkar Muria.
Indah mengaku, film genre apa saja ia tonton. Baginya semua film memiliki pesan-pesan serta jalan cerita yang bisa diambil pelajarannya.
”Bahkan film yang agak “terbuka” seperti Virgin pun sarat akan nilai pembelajarannya, jika dilihat dengan mata positif. Sebab dengan melihat film yang demikian itu sebisa mungkin jika otak kita masih waras tentu bakal menghindari dunia malam nan bebas yang bisa merusak masa depan kelak,” terangnya.
Mahasiswi jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di IAIN Kudus ini merasa, dari filmlah ia dapat berguru dengan menyenangkan, serta nantinya untuk ditularkan kepada anak didiknya ketika sudah mengajar.
”Meski sederhana, dari film pasti ada sedikit yang bisa saya tularkan ke anak didik saya nanti. Soalnya jurusan saya kan guru, jadi harus bisa memberikan pengalaman ke anak didik nanti,” terang perempuan yang juga kader PMII Komisariat Sunan Kudus ini.
Lebih lanjut, perempuan penyuka nugget ini menuturkan, sebagai guru nantinya, kita mesti banyak tahu. Salah satunya melalui media film. Dari film itu, nilai-nilai pendidikan bakal terserap dan sebisa mungkin pesan-pesan positif film akan ditularkan ke anak didik nantinya. (has)
 














Share this

Related Posts

Previous
Next Post »