Lapak Baru Pasar Kalinyamatan Belum Diminati Pedagang






KOSONG: Lapak baru di depan Pasar Kalinyamatan hingga kemarin belum ditempati pedagang kaki lima.



KALINYAMATAN – Lapak baru di bagian timur pasar Kalinyamatan belum ditempati. Lapak tesebut diperuntukkan kepada pedagang kaki lima (PKL). Sebelum dibangun lapak baru, tempat itu tak tertata.

Dari pantauan Lingkar Muria Sabtu (2/12/17), lapak baru ini memang belum ditempati pedagang. Namun ada beberapa pedagang makanan yang berjualan di sekitar lapak baru. Warung makan tersebut mendirikan lapaknya berdekatan dengan lapak baru yang masih kosong. Selain itu, ada juga penyedia odong-odong mainan anak di sekitar lapak.  

Kepala Dinas perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Jepara Inah Nuroniah mengungkapkan, belum bisa memastikan kapan lapak tersebut mulai bisa ditempati. Perlu dilakukan dialog dengan pedagang terkait penempatan lapak baru ini. “Kami baru melakukan pendataan terlebih dahulu. Jumlah PKL di area tersebut kami sesuaikan dengan jumlah lapak yang ada,” imbuhnya.

Lapak baru ini baru selesai dibangun sekitar sebulan lalu. Pembangunan tersebut untuk penataan PKL yang selama ini terkesan semrawut. Pihaknya berupaya menata pedagang agar tidak sembarangan berjualan di area pasar.

“Harapannya setelah ditempati, pedagang lebih tertib. Pedagang juga berkewajiban menjaga kebersihan lingkungan lapak masing-masing,” katanya.

Inah melanjutkan, lapak yang tersedia berjumlah 24. Lapak dibagi menjadi dua sisi. Masing-masing sisi barat dan timur terdapat 12 lapak. Luas lapak 3,2 meter persegi. “Lapak sudah diukur sesuai kebutuhan. PKL pagi nanti menempati lapak sampai pukul 14.00. Sedangkan PKL malam menempati lapak setelah PKL pagi,” paparnya. (has)




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »