Pilkades di Rembang Surat Suara Dilebihkan Lima Persen





CEK SURAT SUARA: Panitia Pilkades Logung, Sumber mengecek surat suara ketika simulasi pencoblosan di Polres Rembang belum lama ini.


KOTA – Jumlah surat suara yang didistribusikan ke panitia Pilkades untuk setiap desa dilebihkan lima persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT). Hal itu untuk mengantisipasi jika ada surat suara yang cacat.
Kasubbag Penataan Pemerintahan Desa, Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Rembang Gunari menjelaskan, surat suara untuk delapan desa yang melaksanakan Pilkades telah didistribusikan.
Pendistribusian surat suara dilaksanakan serentak pada Kamis (30/11/17) dengan pengawalan ketat. Pencetakan surat suara untuk delapan desa itu dilakukan di satu percetakan sesuai rekomendasi dari pemkab.
Jumlah surat suara di setiap desa berbeda, sesuai dengan total DPT masing-masing. Gunari mengungkapkan jumlah surat suara untuk setiap desa dilebihkan lima persen dari total DPT. Itu dilakukan untuk mengantisipasi jika ada surat suara yang cacat.
”Pencetakan dilakukan di satu tempat. Sama seperti pencetakan surat suara pada Pilkades serentak tahun lalu. Kualitasnya bagus,” jelasnya.
Dalam Pilkades tahun ini, Desa Karangmangu, Sarang memiliki jumlah DPT paling banyak dengan 3.007 pemilih. Sedangkan desa dengan jumlah DPT paling sedikit ada di Ngroto, Pancur yang hanya 686 orang.
Sementara itu, hingga pekan ini baru Desa Samaran, Pamotan yang mengajukan peminjaman logistik ke KPU Kabupaten Rembang. Logistik yang dipinjam berupa kotak suara tiga unit dan bilik lima unit.
Kasubbag Program dan Data KPU Kabupaten Rembang Noor Wahyu Adi menjelaskan, logistik yang dipinjam biasanya berupa kotak, bilik, bantalan, alas dan alat pencoblosan.
”Sementara baru dari Pamotan itu pinjam kotak dan bilik suara. Yang lain belum ada. Peminjaman sama sekali tidak dipungut biaya. Fasilitas diambil sendiri dan dikembalikan lagi ke kami,” jelasnya. (has)

DPT Pilkades di 8 Desa
1.      Desa Logung, Sumber: 915 orang
2.      Desa Kebloran, Kragan: 2.135 orang
3.      Desa Bonang, Lasem: 1.235 orang
4.      Desa Ngroto, Pancur: 686 orang
5.      Desa Karangmangu, Sarang: 3.007
6.      Desa Samaran, Pamotan: 1.133 orang
7.      Desa Glebeg, Sulang: 1.543 orang
8.      Desa Landoh, Sulang: 1.850 orang


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »