Sebulan Tak Ada Tindakan Warga Tlogomojo-Batangan Datangi Kejari





Lingkar Muria, PATIDiduga melakukan tindakan penyelewengan, oknum kepala desa Togomojo-Batangan dilaporkan warganya ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Pati. Namun laporan yang telah sebulan diserahkan itu hingga kini belum ada kejelasan tindakan, hal ini membuat Wuryanto warga desa Tlogomojo mendatangi Kejari untuk meminta jawaban.
”Kami melaporkan dugaan kepala desa kami yang melakukan penyelewengan dalam proyek pembangunan embung desa,” tutur Wuryanto kepada Jawa Pos Radar Kudus.
Menurutnya dalam pembangunan desa itu adalah permasalahan. Dalam pembangunan embung ini tak ada program dari pemerintah, selain itu lokasi embung ini merupakan lahan produktif. Dimana dalam aturan alih fungsi ini seharusnya ada Surat Keputusan kepala desa yang diketahui Pemkab Pati.
”Selain itu tanah kerukan lokasi embung itupun dijual ke pihak luar. Hitungan kami dengan luasan lahan untuk embung seluas 7000 meter persegi maka uang yang didapat dari hasil penjualan itu senilai Rp 315 juta.  Dijual seharga Rp 120.000 s/d 150.000, dengan keuntungan bersih mencapai Rp 45.000, maka desa dirugikan sebesar itu,” tuturnya.
Lanjut Wuryanto, atas masalah tersebutlah kami melaporkan dugaan ini, namun sudah sebulan laporan kami serahkan sampai saat ini belum ada tindakan, untuk itu kami berinisiatif mendatangi Kejari untuk menanyakannya.
Sementara itu Kasi Intel Kejaksaaan Negeri Pati, Herwatan menuturkan, inti permasalahnnya sebenarnya ada hasil pengerukan yang dijual. Kalau benar terjadi penyimpangan hingga merugikan negara maka akan kami tindak. ”Sekarang kami masih dalam upaya pengumpulan data. Kami sudah dua kali mengecek lokasi,” tuturnya.
Lebih lanjut Herwatan mengatakan, kendala yang dihadapi saat ini ada pada warga yang akan dimintai keterangan. ”Posisinya mereka ada di luar kota. Kami sedang menunggu mereka,” pungkasnya.
Sementara itu Kepala Desa Tlogomojo, Sunoto, saat dihubungi Jawa Pos Radar Kudus, menanggapi dengan santai.

”Ini kan laporan dugaan. Hal semacam itu sudah biasa, sudah saya siapkan semuanya untuk menanggapi tuduhan dugaan yang dialamatkan ke saya. Hari ini saya akan klarifikasi,” katanya singkat, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon. (aua)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »