Sering Bikin Macet, Kini Truk Pasir Tempati Terminal Lama Juwana





Lingkar Muria, PATI – Beberapa truk yang bermuatan pasir yang sebelumnya sering mangkal di Jalan WR Supratman, telah dialihkan ke Terminal Lama Juwana per Kamis (21/12/17) kemarin. Seperti diketahui, truk-truk yang mangkal sembarangan di pinggir jalan ini dikeluhkan warga. Sebab, keberadaannya mengganggu arus lalu lintas.   
Pemindahan ini pun mendapat sambutan positif dari para supir truk. Sukar salah satu supir truk mengaku, tak mengapa dengan keputusan pemindahan dari pinggir jalan ke area Terminal Lama, meskipun nantinya bakal berdampak pada penjualan pasirnya. Di pinggir jalan ini setidaknya ada 15 hingga 20 truk yang mangkal setiap harinya. Kalau sepi pun masih ada enam hingga tujuh truk.
”Tak apa dipindah, memang awal-awal sepi. Tapi nanti sepekan mungkin akan kembali normal. Lebih baik di sini dari pada di pinggir jalan, lebih aman dan tak mengganggu jalan,” terangnya. Lanjut Sukar, ia bersama dengan sesama supir truk yang lain pun kompak dengan keputusan penertiban ini.   
Sementara itu Wakapolsek Juwana Iptu Sudari menuturkan, penempatan truk-truk pasir dari yang sebelumnya mangkal di pinggir Jalan WR Supratman ini, mulai efektif berlaku kemarin. Sosialisasi kepada para supir sudah dilakukan sejak dua hari kemudian. Selain itu pihaknya juga akan memasang spanduk yang menerangkan pindahnya truk-truk pasir ini.
”Sehingga pemindahan ini dapat diketahui tidak hanya kalangan supir saja. Akan tetapi diketahui pula oleh masyarakat luas, agar mereka yang hendak membeli pasir dapat dengan mudah mengetahui pemindahan lokasi,” tuturnya.
Untuk penindakan bagi yang masih nekat mangkal di pinggir jalan, pihaknya belum ada kewenangan untuk menindak. ”Sebab, masih menunggu untuk rambu-rambu, setelah rambu-rambu larangan terpasang, mungkin akan ada penindakan bagi yang masih membandel,” jelasnya.
Sementara itu, kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Tri Haryama menuturkan, diputuskannya ke Terminal Lama ini merupakan hasil rapat dinas instansi terkait, utamanya Muspika Juwana memutuskan terminal. Sebab aset lain di sekitar itu yang tersedia dan paling tepat memang di terminal. ”Dengan pemindahan ini, yang utama supaya pengguna jalan lancar dan tidak macet,” pungkasnya. (has)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »