Siap Siaga Bencana, Kabupaten Pati Apel Digelar

ACHMAD ULIL ALBAB/RADAR KUDUS
Bupati Haryanto melakukan pengecekan sejumlah alat untuk menghadapi bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi di tengah musim penghujan saat gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana pagi kemarin di Alun-alun Pati.




Lingkar Muria, PATI – Bencana alam yang terjadi memang datang tiba-tiba dan tak bisa diprediksi secara pasti. Demikian dikemukakan Bupati Pati Haryanto dalam Apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana Senin (11/12/17) pagi di Alun-alun Simpang lima Pati.  
Untuk itu, lanjut Haryanto diperlukan sikap siap siaga dalam menghadapi segala kemungkinan yang datang. ”Berdasarkan prakiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Desember 2017 hingga Januari 2018 terjadi puncak musim penghujan. Intensitas hujannya pun terbilang cukup tinggi. Untuk itu perlu kesiapsiagaan terhadap bencana alam,” jelas Haryanto kepada Lingkar Muria.
Langkah awal siap siaga itu dilakukan dengan melibatkan kesiapan semua pihak di daerah. Baik TNI, Polri, BPBD, para relawan maupun segenap masyarakat luas. Kabupaten Pati sendiri masuk dalam urutan ke 11 dari 35 kabupaten/kota yang rawan bencana, baik bencana alam maupun non alam. Sementara berada di angka 153 kabupaten/kota di tingkat Nasional yang rawan bencana.


”Untuk itu saya berharap, semuanya dapat berpartisipasi menghadapi maupun terhadap penanganan bencana. Jika terjadi bencana segera dilaporkan pada instansi terkait, agar segera dilakukan penanganan,” imbuh bupati.
Selain itu, Haryanto juga mengingatkan tentang kesadaran masyarakat terhadap lingkungan. Jangan membuang sampah sembarangan terutama di saluran air ataupun sungai. Juga kepada relawan agar tetap semangat dalam mengemban tugas dalam penanganan terhadap bencana,” harap Haryanto.
Usai menggelar apel, Bupati Haryanto turun langsung mengecek peralatan dalam penangan bencana alam yang bisa saja terjadi di Pati. Diantaranya perahu karet, alat pemotong pohon, alat menyelam, hingga peralatan untuk keperluan dapur umum. (has)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »