Inilah Bidang Tugas dan Wewenang Anggota DPRD Kabupaten



Tahukah kamu, wakil rakyat yang tiap lima tahun sekali kamu coblos memiliki tugas dan fungsi pengawasan di semua lini kehidupan. Mulai dari pertanian, pendidikan, hukum, hingga pemberdayaan perempuan. Nah berikut tugas dan fungsi dari anggota DPRD di tingkat kabupaten. 

Komisi A : Perencanaan Pembangunan, Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Bidang Otonomi Daerah, Pemerintahan Umum, Perangkat Daerah, Kepegawaian dan Persandian, Kesatuan Bangsa dan Politik dalam Negeri. Statistik. Kearsipan, dan Perpustakaan.

Komisi B : Perdagangan. Perindustrian. Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Pertanian. Kehutanan. Perikanan. Kebudayaan dan Pariwisata. Administrasi Keuangan Daerah. Ketahanan Pangan dan. Penanaman Modal.

Komisi C : Pekerjaan Umum. Penataan Ruang. Perumahan. Pertanahan. Energi dan Sumber Daya Mineral. Perhubungan. Komunikasi dan Informatika dan. Lingkungan Hidup

Komisi D : Pendidikan. Kesehatan. Kepemudaan dan Olahraga. Sosial. Ketenagakerjaan. Ketransmigrasian. Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera, dan. Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Nah sekarang kamu sudah tahu kan. Jadi kalau ada permasalah jangan sungkan, adukan saja ke wakil rakyatmu. Jangan sampai mereka hanya duduk-duduk di gedung parlemen saja. 

Dikutip dari berbagai sumber




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »