Longsor Timpa Satu Rumah di Gembong



Sisi rumah milik Karnadi Dukuh Bengkal Kulon  RT 02 RW 07 Desa Plukaran Kecamatan Gembong tertimpa longsoran setinggi empat meter siang kemarin



Lingkar Muria, PATI – Hujan lebat mengguyur beberapa wilayah di Kabupaten Pati sejak pagi hingga siang kemarin Sabtu (3/2/18). Di beberapa titik, hujan disertai pula dengan angin. Akibatnya terjadi beberapa bencana alam. Seperti pohon tumbang dan juga tanah longsor. 
Kepala BPBD Kabupaten Pati, Sanusi menuturkan, untuk longsor ada dua tempat yang mengalami longsor yaitu di Kecamatan Gembong, dimana sejak pagi hingga siang hari hujan turun. Pertama longsor menimpa talud jalan penghubung antara Dukuh Bageng dengan Dukuh Rubiyah di Desa Bageng RT 4 RW 2. Longsoran sepanjang 12 meter dengan lebar 1,5 meter dan kedalaman 3 meter. Namun akibat longsor ini tak mengganggu mobilitas warga.
”Longsoran disebabkan akibat tertutupnya saluran air. Sehingga air meluap dan menggerus tanah di sekitar talud, kemudian mengakibatkan longsor,” terang Sanusi.
Di waktu yang hampir bersamaan, longsor kembali terjadi. Tepatnya di Dukuh Bengkal Kulon  RT 02 RW 07 Desa Plukaran Kecamatan Gembong. Longsor menimpa rumah milik Karnadi, 68.  
Sekitar pukul 13.00, terdengar suara gemuruh dari samping kanan rumah Karnadi, dan longsoran tanah mengenai tembok rumah sehingga jebol. Saat itu di dalam rumah berukuran 5x7 meter ada istrinya Sarni, 55. Dia tertimpa longsoran tanah dan mengalami bengkak di kakinya. Akibat kejadian itu Sarni mengalami syok hingga pingsan.
Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian kurang lebih senilai Rp 25 juta. Kerusakan yang terjadi di sisi kanan rumah. Tempok permanen rumah itu jebol, dan juga kerusakan atap rumah. Hingga saat ini relawan tanggap bencana bersama aparat sedang membersihkan puing-puing rumah korban. (has)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »