Membanggakan, SDN 1 Wonorejo Wakili Jepara Jadi Sekolah Adiwiyata



 

Foto bersama setelah pelaksanaan penilaian Sekolah Adiwiyata dari Dinas Lingkungan Hidup Jepara di SDN 1 Wonorejo belum lama ini.

Lingkar Muria, JEPARA - Tim verifikator dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jepara telah menilai terkait komponen sekolah Adiwiyata belum lama ini. Dari situ, SDN 1 Wonorejo, Kecamatan Kota, berhak mewakili Kabupaten Jepara dalam ajang Lomba Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Tengah yang digelar tahun ini.
Kasi Pengendalian Kerusakan dan Pengembangan Kapasitas Lingkungan Hidup, Duddy Ika Kurniawan mengatakan, penilaian dilakukan sendiri oleh sekolah dengan pola self assesment. Tim verifikator akan mencocokkan instrumen dengan kenyataan di lapangan.
“Dari hasil penilaian, sekolah sudah baik dan layak untuk maju ke penilaian ke tingkat provinsi. Hal ini ditunjang dari segi administrasi dan sarana prasarana telah memenuhi syarat. Juga peran partisipatif masyarakat, komite, orang tua, dan siswa menjadikan nilai tambah sebagai sekolah adiwiyata,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala SDN 1 Wonorejo Chotinah Tri Warjani menungkapkan, pihaknya telah menyiapkan instrumen penilaian adiwiyata. Mulai dari kurikulum, kebijakan berwawasan lingkungan, dan perencanaan partisipatif serta sarpras lingkungan.
“Berbagai kerjasama juga telah kami lakukan untuk menunjang kegiatan berbasis lingkungan hidup. Dari lingkungan sekitar kami kejasama dengan Bank Sampah Wonolestari Desa Wonorejo. Bank Sampah Sanora Lestari milik sekolah menyetorkan sampah yang telah dipilah. Gabungan Kelompok Petani juga kami rangkul untuk kerjasama dalam perawatan tanaman buah,” imbuhnya.
Pihaknya juga memiliki green house yang berisi apotek hidup. Rencananya akan ditambah dengan pemanfaatan ban bekas untuk taman baca di sekitar green house. Di kebun sekolah juga terdapat tanaman obat keluarga serta tanaman-tanaman buah. 
“Untuk persiapan penilaian tingkat provinsi, kami kerjasama dengan SMKN 1 Jepara. Kerjasama tersebut terkait pemanfaatan buah rambutan untuk dijadikan olahan. Jenis olahan buah rambutan nanti akan dijadikan manisan dalam kemasan. Kalau di dataran tinggi Dieng ada carica. Rencana kami buat seperti itu,” tandasnya. (anw)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »