Nelayan Cantrang Juwana Siap Melaut





 
BERSIAP : Beberapa kapal nelayan cantrang yang sedang sandar di Sungai Juwana beberapa waktu yang lalu.
Lingkar Muria, PATI – Pasca diperbolehkannya cantrang oleh Presiden Jokowi dan Menteri Kelautan dan Perikatan Susi Pujiastuti, atas aksi unjuk rasa di Jakarta beberapa waktu yang lalu, kini nelayan cantrang di Juwana bersiap melaut kembali.
Tokoh nelayan cantrang Desa Bendar Kecamatan Juwana Jamari mengungkapkan, setelah mendapatkan kemudahan dari pemerintah, dalam hal ini diperbolehkannya cantrang beroperasi, sejak Kamis (16/2/18) kemarin, kapal-kapal nelayan sudah bersiap untuk melaut kembali.
”Banyak kapal sudah mempersiapkan bekal, seperti pengisian BBM maupun perbekalan kebutuhan pokok para anak buah kapal (ABK),” terang Jamari. 
Lebih lanjut Jamari mengungkapkan, dengan bersiapnya kapal cantrang untuk melaut ini pihaknya merasa senang. Sebab pemenuhan urusan perut maupun pemenuhan kebutuhan keluarga menjadi mudah. ”Terlebih bagi para pemilik kapal, bisa digunakan untuk mengangsur hutang-hutang di bank, maupun untuk kebutuhan mengubah alat tangkap,” imbuh Jamari.
Seperti diketahui, nelayan cantrang masih banyak yang memiliki tanggungan dengan perbankan, seperti pembiayaan pembuatan kapal. Untuk itu dibolehkannya melaut kembali ini tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi mereka.
Lebih lanjut Jamari menjelaskan, meski cuaca kurang menguntungkan, tapi sudah ada beberapa nelayan yang tetap melaut demi menghidupi keluarga. Hanya saja mereka akan menyesuaikan, ketika gelombang besar. Mereka biasanya akan berlindung di pulau-pulau terdekat. Jumlah kapal cantrang di Juwana memang berkurang, karena ada beberapa yang sudah beralih alat tangkapnya. (mil)




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »