Peduli Abrasi Ratusan Mangrove Ditanam

Puluhan anggota Karang Taruna Desa Karanggondang bersama Tim KKN Universitas Diponegoro dan pelajar setempat menanam mangrove di Pantai Empu Rancak Jumat (2/2/18).


Lingkar Muria, JEPARA - Pengikisan wilayah pesisir pantai atau yang dikenal dengan abrasi, tiap tahun memakan wilayah pesisir Karanggondang. Hal itu kemudian disikapi dengan melakukan aksi kepedulian lingkungan dengan menanam mangrove.
Ketua Karang Taruna Muhammad Rendi menuturkan, penanaman mangrove ini akan terus dilakukan secara bertahap. Sehingga seluruh garis pantai di Karanggondang dapat ditumbuhi mangrove.
”Selain menanam mangrove. Kami juga tanam pohon trembesi sebanyak 150. Penenaman dilakukan di sepanjang jalan masuk objek wisata Empu Rancak. Kami juga membagikan bibit tanaman buah coklat 100,  matoa 50,  sirsat 50, mahoni 200, dan jati 200. Pembagian bibit tanaman buah dibantu tim KKN dari Undip,” papar Rendi.
Aksi kepedulian lingkungan ini dilakukan juga sebagai upaya pengaktifan kembali organisasi Karang Taruna. Organisasi tersebut sempat vakum sejak 2013 lalu. “Baru November tahun lalu reorganisasi. Pengurus diisi sebagian dari pengurus lama dan pengurus baru,” imbuh Rendi.
Selain karang taruna, dalam kegiatan tersebut juga diikuti mahasiswa KKN dari Undip. Tim KKN membantu dengan mengadakan kegiatan bersih pantai. “Bersih pantai ini menjadi salah satu program KKN. Kami menyebutnya coastal clean up (CCU). Kebetulan Karang Taruna ada kegiatan, sekalian waktunya bersamaan agar lebih efektif,” kata salah satu peserta Tim KKN, Anik.

Sementara itu, Carik Karanggondang Kationo, mengapresiasi atas terselenggaranya bakti sosial tanam mangrove dan bersih pantai tersebut. “Kami sangat senang dengan adanya penanaman mangrove ini. Akhir tahun kemarin ada rob bandang yang mengakibatkan sawah warga rusak. Ketika mangrove ini sudah tumbuh, maka bisa membentengi pantai dari kejadian serupa,” harap Kationo. (has)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »