Peduli Warisan Leluhur, Desa Sirahan Bangun Pagar Besar

Kepala Desa Sirahan Sutiyono sedang menunjukkan bangunan pagar makam yang baru selesai dibangun


Lingkar Muria, PATI – Pemerintah Desa Sirahan total dalam membangunan pagar yang mengelilingi makam desa yang berada di tepi Jalan Tayu - Pati. Hal ini lantaran kesadaran masyarakat desa, sebab makam merupakan warisan dan pengingat akan leluhur mereka.
Kepala Desa Sirahan, Sutiyono mengungkapkan, pembangunan makam pagar yang menelan dana hingga Rp 285 juta ini, memang lantaran atas kepedulian tinggi dari masyarakat desa yang berada di ujung utara Kabupaten Pati ini.
”Pembangunan pagar makam ini awalnya dari dampak pelebaran jalan di tahun 2016 lalu. Pagar lama longsor saat pengerjaan gorong-gorong jalan. Maka dari itu ada inisiatif dari masyarakat untuk membangun kembali agar lebih baik lagi dari sebelumnya,” terang Sutiyono.
Selain itu, kata Sutiyono, ada kesadaran dari masyarakat tentang makam yang merupakan rumah masa depan, dan juga warisan untuk mengingat leluhur. Maka dari itu mesti dijaga baik-baik. Pembangunan makam ini pun memperhatikan nilai estetika yang serius.
”Mulai dari warna dan juga ornamen pagar makam ini diselaraskan dengan madrasah yang berada tepat di samping makam. Supaya kalau dilihat lebih nyetel,” imbuh kepala desa yang murah senyum ini.
Dana yang digunakan dalam pembangunan pagar ini dari beragam sumber. Mulai dari APBDes, APBD Perubahan 2017, dan juga dana swadaya dari masyarakat desa. Total panjang keseluruhan pagar makam ini sepanjang 274 meter.
 Sementara itu, hingga saat ini masih ada beberapa bagian pagar yang masih perlu penyelesaian. Bagian itu ada pada ornamen yang masih belum mencukupi. ”Ada beberapa bagian yang harusnya dipasangi ornamen-ornamen. Namun, belum terpasang, sebab masih dalam proses pemesanan. Perajinnya ada di Kudus, kami baru menunggu,” pungkas Sutiyono. (has)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »