Pokdarwis Gerakkan Pati Jadi Kota Wisata




BERPOTENSI: Pendopo Kemiri salah satu destinasi wisata sejarah yang ada di Kabupaten Pati terlihat masih sepi

Lingkar Muria, PATI -  Potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Pati dinilai sangat beragam. Mulai dari wisata alam, religi, sejarah maupun wisata buatan semua ada di kota yang berjuluk Bumi Mina Tani ini. Namun potensi ini belum tergarap secara maksimal. Padahal bila dikembangkan dengan serius, hal ini dapat menjadi sektor yang cukup menjanjikan bagi pemerintah kabupaten.
Demikian diungkapkan Kordinator Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Pati, Krisno beberapa waktu yang lalu. Pihaknya menilai tempat wisata yang ada sekarang ini sebagian masih banyak dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar sendiri. 
”Untuk itu kami ingin menggerakkan wisata di Pati dengan segala bentuk konsep dari kami. Dengan cara mendorong teman-teman yang tergabung sebagai pokdarwis agar terus membuat inovasi-inovasi secara sederhana di tempatnya masing-masing,” kata Krisno. 
Menurutnya, keterlibatan pemerintah kabupaten dalam mengelola wisata sangat dibutuhkan. Meskipun di sebagian tempat wisata, ada yang keberlangsungannya tanpa campur tangan pemerintah kabupaten, sudah bisa mengelola dengan baik secara swadaya.
 Lebih lanjut, untuk mendukung upaya itu diantaranya melalui kekompakan dan guyub rukun anggota Pokdarwis tersebut, diharapkan mampu menyokong potensi pariwisata yang ada di Pati. Hal ini akan mampu dengan pesat menumbuhkan citra wisata Kota Pati.
Sementara itu diketahui Kabupaten Pati memiliki sejumlah tempat wisata yang cukup menarik. Wisata alam seperti di daerah Gembong dan Tlogowungu, kemudian ada juga di daerah Kayen. ”Selain itu di Pati masih ada wisata pantai dan wisata sejarah budaya yang belum dikelola dengan baik. Tentu hal ni menjadi perhatian bagi kita semua,” terangnya. (mil)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »