Puluhan Orang Dapatkan Pembinaan Tentang HIV/Aids


Temuan Pengidap Baru Meningkat Tiap Tahun


Salah satu pengurus Kelompok Dukungan Sebaya bagi orang dengan HIV/AIDS (ODHA) berdialog dengan peserta sosialisasi.


Lingkar Muria, JEPARA –  Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Plus Jepara menggelar sosialisasi pembinaan Orang Dengan HIV Aids (ODHA) di Aula RSUD RA Kartini Jepara belum lama ini. Acara tersebut diikuti sekitar 50 orang.
Pengurus KDS Plus Jepara, Tain, menuturkan, sosialisasi tersebut dimaksudkan untuk memberikan pembinaan dan motivasi kepada ODHA di Jepara. Saat ini, ODHA mendapatkan bantuan obat antiretroviral (Arv) dari pihak donatur. Sehingga dari bantuan obat tersebut bisa dikonsumsi secara teratur. 
“Kami tekankan kepada teman-teman ODHA untuk patuh selama pengobatan Arv. Obat ini bersifat seumur hidup. Jika telat beberapa menit saja dari jam yang ditentukan, bisa berakibat pada penurunan sistem kekebalan tubuh,” ujarnya.
Menurutnya, kepatuhan dalam menjalankan pengobatan Arv secara benar tentang dosis dan diminum tepat waktu sangat dibutuhkan oleh ODHA. Hal ini untuk memperlambat perkembangan virus HIV dalam tubuh. Jika pemakaian obat Arv terputus-putus, maka akan mempercepat perkembangan virus dan menyebabkan kematian.
Selain sosialisasi, pihaknya juga memberikan motivasi kepada ODHA terkait tantangan diskriminasi di masyarakat. ODHA juga memiliki hak yang sama untuk menjalani hidup normal. 
“Mereka harus terus dimotivasi agar tidak terpuruk. Harus bisa membuktikan bahwa ODHA bisa berkarya dan bermanfaat untuk masyarakat. Stigma negatif di masyarakat dijadikan pelecut semangat untuk melakukan pembuktian,” paparnya.
Disinggung terkait penemuan ODHA tahun ini, pihaknya telah menemukan 18 temuan baru. Temuan tersebut diperoleh dari RSUD RA Kartini sebanyak 11 orang, tiga orang di Puskesmas Pecangaan, dan empat orang di Puskesmas Bangsri. 
“Temuan baru ini terus kami pantau. Di awal penemuan seperti ini biasanya mereka masih malu mengakui statusnya sebagai ODHA. Sehingga perlu pendekatan secara personal untuk merangkul mereka,” tandasnya. (anw/lil)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »