Satpol PP Sampaikan Surat Peringatan Pengusaha Karaoke





Lingkar Muria, PATI – Dalam waktu dekat Satpol PP hendak melakukan penertiban bagi tempat karoke yang dinilai melanggar peraturan daerah (Perda) nomor 8 tahun 2013 tentang penyelenggaraan kepariwisataan. Sebelum melaksanakan penertiban itu, pihak Satpol PP melayangkan surat peringatan kepada para pemilik usaha karaoke seperti yang dilakukan Sabtu (3/2/18) malam lalu.
Bersama kepolisian, TNI, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Kejaksaan, dan Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil, Satpol PP menyisir titik-titik lokasi karaoke. Mulai dari Jalan Lingkar Selatan, Mintobasuki, dan juga Pati Kota.
Plt Kepala Satpol PP Riyoso melalui Kabid Penegakan Produk Humum Daerah, Irwanto mengungkapkan, hal ini dilakukan untuk memenuhi prosedur dalam penertiban karaoke. ”SOP nya, harus dilayangkan dulu surat peringatan bagi karaoke yang melanggar Perda. Baru kemudian dapat dilakukan penertiban,” kata Irwanto.
Saat patroli karaoke Sabtu (3/2) malam lalu, beberapa tempat karaoke ditemukan tutup. Untuk itu Satpol PP hanya bisa menyerahkan lima surat peringatan di lima tempat karaoke yang buka malam itu.
 Lebih lanjut dia mengatakan, pihak Satpol PP akan rutin berpatroli tiap malam.  Ini dilakukan sambil memberikan surat peringatan bagi karaoke yang tak memiliki Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP). Untuk memiliki TDUP ini harus memnuhi syarat seperti tertuang dalam Perda Nomor 8 tahun 2013. Bagi yang yang memenuhi syarat, tidak akan mendapat TDUP tersebut.
”Kebanyakan pelanggaran soal jarak, yang mana tertuang dalam pasal 25. Minimal harus 1000 meter dari pemukiman dan fasilitas umum. Kecuali karaoke yang menjadi bagian fasilitas hotel berbintang,” imbuhnya. (lil)

PATROLI RUTIN TEMPAT KARAOKE

SASARAN
Karaoke melanggar Perda Nomor 8 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan
TITIK PATROLI
Jalan Lingkar Selatan
Pati Kota
Daerah Mintobasuki
TUJUAN
Himbauan dan penyampaian surat peringatan penertiban bagi karaoke melanggar Perda
JUMLAH
Kisaran ada 25 hingga 30 tempat
PERSONIL PATROLI
Kepolisian
TNI
Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata
Kejaksaan
Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil
Satpol PP

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »