Siapkan BUMDes Jadi Pusat Pertumbuhan Pertanian



 

Bekas bangunan PAUD Desa Tompomulyo yang direncanakan bakal digunakan sebagai pertokoan pertanian BUMDes


Lingkar Muria, PATI – Perekonomian masyarakat Desa Tompomulyo Kecamatan Batangan yang mayoritas bertumpu pada sektor pertanian, membuat pemerintah desa menaruh perhatian yang lebih terhadap bidang pertanian. Hal ini dikemukakan Kepala Desa Tompomulyo Soepadi kemarin. Salah satu bentuk perhatiannya dengan cara menggerakkan BUMDes ke arah bidang pertanian.
”Kemarin saya sudah mengusulkan, dan berkomunikasi dengan beberapa pihak, baik perangkat maupun pengurus BUMDes. Dimana BUMDes akan bergerak di bidang usaha pertanian,” kata Soepadi.
Selama ini, kata Soepadi, BUMDes di desanya belum berjalan. Sebelumnya, pihak desa sudah menganggarkan sebesar Rp 20 juta, dimana dana itu untuk perputaran usaha simpan pinjam. ”Namun belum berjalan hingga saat ini. Pengurusnya banyak yang tak yakin, sebab pinjamnya iya, kalau simpannya belum pasti. Maka sampai saat ini belum beraktivitas,” katanya.
Untuk itulah, pihak desa merencanakan pengembangan di bidang lain. Tepatnya pada bidang usaha pertanian. Hal ini dikarenakan melihat potensi desa yang memang bertumpu pada sektor pertanian.
”Kami akan bangun pertokoan pusat pertanian. Segala macam obat-obatan pertanian dan juga pupuk nanti disentralkan di sini. Semua petani desa diharapkan bisa terpusat ke sini dalam kebutuhannya, terkait obat-obatan dan pupuk pertanian,” imbuhnya.
Saat ini, lanjut Soepadi, pihak desa sudah menyiapkan langkah untuk merealisasikannya. ”Kami sudah menyiapkan lokasinya. Tepatnya di sebelah barat balaidesa, luasnya ada 3000 meter persegi, di pinggir area pesawahan. Bangunannya persis dekat dengan akses jalan desa.  Dulunya bekas gedung PAUD. Boleh dibilang cukup strategis lah. Tinggal menunggu anggaraannya saja nanti,” imbuh Soepadi. (lil)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »