Jokowi Tak Hadir, Muktamar Dibuka Sekjend Kemenag



LENGANG : Suasana pembukaan Muktamar ke 11 JATMI di Ponpes AKN Marzuqi Slempung-Dukuhseti pagi kemarin.


Lingkar Muria, PATI – Presiden Joko Widodo yang diagendakan akan membuka Muktamar ke 11 Jamiyah Ahli Thariqah Mu’tabarah Indonesia (JATMI) batal hadir pagi kemarin Sabtu (10/3/18). Karena itu, muktamar yang dihelat di Pondok Pesantren AKN Marzuqi itu dibuka oleh Sekretaris Jendral Kementrian Agama Nur Syam.
Meski begitu, agenda muktamar tetap jalan. Sekretaris panitia pusat Miftahul Falah mengemukakan, agenda tetap jalan sebagaimana yang telah disusun sebelumnya meskipun presiden tak bisa datang memenuhi undangan.
Pembukaan muktamar ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekjend Kemenang, yang didampingi Kanwil Kemenag jawa Tengah, Bupati Pati Haryanto serta. Usai pembukaan muktamar, malam hari agenda baru dimulai.
”Setelah pembukaan istirahat. Kemudian malam baru ada sidang-sidang seperti sidang tata tertib dan lainya. Juga ada sesi ta’aruf juga,” kata Miftah.
Sementara itu di hari kedua (hari ini, Red) agenda muktamar akan diisi dengan beberapa dialog, dimana akan ada dua dialog yang diisi dari Kementrian Dalam Negeri dan juga Kementrian Agama.
Untuk Kemendagri dijadwalkan dialog mengenai peran serta JATMI dalam rangka pembangunan manusia Indonesia. Sementara itu dialog dari Dirjen Binmas Islam Kemenag akan membincang mengenai peran pemerintah dalam rangka memperkuat iman dan taqwa melalui dzikir dan thariqah.
Sementara itu, untuk penutupan kegiatan muktamar ke 11 yang rencananya akan ditutup oleh Wakil Presiden Yusuf Kalla, sudah didisposisi ke Kemenag. ”Awalnya memang dijadwalkan Wapres yang akan menutup, namun berhalangan dan didisposisi ke pihak Kemenag untuk menutup kegiatan muktamar,” papar Miftah. (has)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »