Kepala Sekolah Ajak Sarapan Informasi Baca Koran





Lingkar Muria, PATI – Ratusan siswa-siswi SMP N 5 Pati menggelar gerakan literasi baca koran pagi kemarin di lapangan sekolah setempat. Gerakan literasi baca koran  diawali dengan salam literasi khas dari sekolah yang mengusung diri sebagai sekolah adiwiyata berliterasi itu.
Yes baca, yes yes bisa, yes yes luar biasa.” Semangat. Begitu teriakan siswa-siswi kelas VII dan VIII itu, saat kepala sekolah Sofia Bardina akan mengawali sarapan informasi pagi itu.
”Membaca koran itu paling enak pagi hari. Jadi cukup 15 menit meluangkan waktu di pagi hari sebelum beraktivitas untuk mengupdate informasi,” kata Sofia di hadapan ratusan anak didik beserta para guru.
Di koran, kata Sofia banyak informasi dan pengetahuan yang didapat. Ada berita soal olahraga, hiburan, pendidikan, dan masih banyak informasi lain yang bisa diperoleh dari lembaran-lembaran koran. Pagi itu para siswa juga diberi waktu 15 menit untuk membaca koran.
Usai membaca, para siswa-siswi diuji hasil bacaannya. Para guru menyiapkan beberapa pertanyaan serta sejumlah hadiah uang tunai. Dari Rp 5 ribu hingga Rp 50 ribu. Pertanyaanya seputar berita tentang SMP N 5 Pati yang pagi itu dimuat satu halaman penuh di koran Jawa Pos Radar Kudus.
Pertanyaan-pertanyaan itu mulai dari prestasi yang diraih SMP N 5 Pati. Para siswa antusias berebut maju dan ingin menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan. Pagi kemarin para siswa-siswi terlihat sangat antusias. Selain menempati lapangan, anak-anak pun memanfaatkan gazebo, serta bangku-bangku taman untuk menikmati suguhan informasi dari koran yang mengusung slogan selalu ada yang baru dan inspiration of change tersebut. (has)    



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »