KPU Tetapkan 1.028.454 Pemilih Sementara Pilgub 2018 di Pati




Lingkar Muria, PATI – Daftar pemilih sementara (DPS) pada pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Tengah 2018 di Kabupaten Pati telah ditetapkan. Hasilnya KPU Pati menetapkan DPS sejumlah 1.028.454.
Ketua KPU, Much Nasich  mengungkapkan, penetapan itu berdasarkan hasil dari rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran (DPHP) yang dilakukan petugas pencocokan dan penilitan (coklit) beberapa waktu lalu.
” Sejumlah 1.028.454 itu terdiri dari 505.484 pemilih laki-laki dan 523.016 pemilih perempuan,” papar Much Nasich usai rapat pleno rekapitulasi DPHP dan penetapan DPS Pilgub Jawa Tengah belum lama ini.
Dalam kegiatan itu disaksikan kedua tim sukses kedua pasangan calon Ganjar-Yasin dan Sudirman-Ida Fauziyah. Selain itu penyelenggara pemilihan di tingkat PPK dan juga panwas turut hadir. Selanjutnya, kata Nasich, hasil dari DPS ini akan diserahkan ke masing-masing tim kampanye kedua calon.
”Hasil itu akan disampaikan paling lambat sebelum 24 Maret. Baik berupa hard copy dan juga soft copy,” imbuh Nasich.
Sementara itu, kepada masyarakat, Nasich mengingatkan, bagi yang ingin melihat DPS bisa mengecek langsung di website KPU. ”Atau bisa pula bertanya ke PPS masing-masing. Itu lebih cepat,” papar Nasich.  
Sementara itu, terkait dengan adanya data sejumlah 40 ribuan calon pemilih yang belum memiliki KTP maupun surat keterangan, KPU mendorong untuk segera melakukan perekaman. Supaya tidak tercoret dari daftar pemilih dan hak pilihnya tidak hilang. ”Kami sudah kordinasikan dengan pihak Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil,” imbuh Nasich. (has)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »