Ribuan Wajib KTP Belum Rekaman Bisa Terancam Kehilangan Hak Pilih




FOTO REPUBLIKA


Lingkar Muria, PATI – Pada masa pencocokan dan penelitian (coklit), diketahui ada sekitar 40 ribuan warga yang tidak bisa menunjukkan kepemilikan E-KTP maupun surat keterangan (suket). Hal ini bisa mengakibatkan mereka tak bisa masuk daftar pemilih, tentu saja konsekuensinya mereka kehilangan hak pilihnya. Diketahui sejumlah data puluhan ribu itu memang belum melakukan perekaman.
Hal itu dibenarkan Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Rubiyono. Pihaknya membenarkan ada sekitar 40 ribuan warga yang masuk wajib E - KTP, tetapi belum melakukan perekaman.
”Sampai Bulan Februari 2018 ini, jumlah penduduk di Kabupaten Pati mencapai 1.286.000 jiwa. Yang masuk wajib E-KTP ada sejumlah 977.259 jiwa. Yang sudah melakukan rekaman sejumlah 934.615 jiwa, sisanya 42.664 jiwa belum melakukan perekaman,” papar Rubiyono saat ditemui di ruangannya pagi kemarin.
Untuk itu, lanjut Rubiyono, pihaknya menyiasati dengan giat jemput bola. Seperti di acara car free day, sekolah-sekolah hingga pondok pesantren. ”Jemput bola lebih efektif. Sekali prekaman bisa dapat hingga 50 warga,” kata Rubiyono.
Lebih lanjut, Rubiyono mengungkapkan, pihaknya mengaku mengalami sejumlah kendala. Seperti banyaknya warga di Kabupaten Pati yang bekerja di luar kota. ”Itu juga menjadi tantangan tersendiri bagi kami. Namun mau bagaimana lagi, pengurusan administrasi seperti ini dilakukan jika mereka memang sedang membutuhkan. Namun untuk target yang dicapai setidaknya sudah 95 persen, dari patokan yang diberikan Dirjen Capil Kemendagri,” papar Rubiyono.
Pencapaian target memang tak bisa 100 persen. Hal ini disebabkan data untuk perekaman penduduk ini data yang dinamis. ”Selalu terjadi pergerakan data. Bulan ini ada 1000 yang melakukan perekaman, dua hari kemudian bisa saja ada muncu-muncul lagi wajib E-KTP baru. Makanya pencapaiannya tak bisa 100 persen,” pungkas Rubiyono. (has)

TENTANG PEREKAMAN E KTP DI PATI SAMPAI FEBRUARI 2018

1.286.000
JUMLAH PENDUDUK
977.259
WAJIB KTP
934.615
SUDAH PEREKAMAN
42.644
BELUM PEREKAMAN



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »