Saluran Air Mampet, Hujan Tak Sampai 15 Menit Jalanan di Tayu Tergenang





HATI-HATI : Pengendara jalan nampak berjalan pelan di jalan yang tergenang yang terletak di Jalan Raya Tayu – Jepara turut Desa Tayu Kulon, di depan pertigaan arah Dukuhseti.

Lingkar Muria, PATI – Jalan Raya Tayu – Jepara turut Desa Tayu Kulon, di depan pertigaan arah Dukuhseti selalu tergenang air ketika hujan turun. Meskipun hanya sebentar. Hal ini disebabkan drainase yang tak berfungsi dengan baik. Salurannya buntu. Seperti yang terlihat siang kemarin Jumat (2/3/18).
Narti, 62, warga Desa Tayu Kulon, mengaku hal itu terjadi sudah lama. Tiap kali hujan turun, air langsung menggenang. Sebab drainase yang buntu sehingga air meluap ke jalan yang memang permukaannya rendah, seperti cekungan.
Air merendam sepanjang kurang lebih 10 meter di depan pertigaan hingga sebuah toko roti. ”Ketinggian air tak seberapa. Sebab hujan tadi hanya sebentar. Sekitar tak lebih dari 15 menit menjelang Jumatan, namun air di saluran drainase meluap sebab salurannya yang buntu,” terang Narti.
Kejadian yang telah berlangsung lama ini, pun pada akhirnya merusak jalan. Banyak lubang-lubang. Kedalamannya bervariasi, antara lima hingga 10 centimeter. ”Tentu sangat membahayakan. Beberapa kali menimbulkan korban, meski tak terlalu parah. Ada anak sekolah, dua anak terjatuh di situ. Karena tak melihat lubang yang tergenang air,” imbuh Narti.
Untuk itu, beberapa waktu lalu, lanjut Narti, beberapa warga sekitar berinisiatif menambal lubang di jalan dengan material tanah. ”Saya harap ya ada perbaikan. Terutama soal saluran drainasenya. Karena yang menyebabkan jalanan tergenang ya karena salurannya yang buntu. Salurannya lah diperbaiki,” paparnya.
Senada dengan Narti. Muhamad Yusuf, seorang pengguna jalan mengungkapkan hal yang sama. Dia menghendaki ada perbaikan di jalan tersebut. ”Kalau hujan airnya menggenang. Terlebih jalanannya pun berlubang, dan tertutup genangan air. Jadi bagi yang tak biasa melintasi jalan tersebut, mesti extra hati-hati. Salah-salah bisa terperosok, bahkan berakibat fatal,” terang seorang pelajar yang baru pulang sekolah tersebut. (lil)      


LOKASI
Jalan Raya Tayu – Jepara turut Desa Tayu Kulon, di depan pertigaan arah Dukuhseti.
PENYEBAB
Saluran drainase buntu
Permukaan jalan yang rendah
KEDALAMAN
5 – 10 centimeter
PANJANG JALAN TERGENANG
Sekitar 10 meter
AKIBAT
Jalanan berlubang

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »