Sering Monitoring, Kinerja Panwas Dikeluhkan

Achwan



Lingkar Muria, PATI – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwas) dinilai berlebihan dalam menjalankan tugas. Hal itu diakui Ketua DPC PKB Kabupaten Pati Muhamadun. Katanya, ada beberapa pengurus di anak cabangnya yang mengeluh, sebab tugas panwas.
”Setiap kegiatan selalu dimonitoring. Pertemuan-pertemuan selalu dipantau. Sepertinya ada sebuah kecurigaan yang melekat ketika ada perkumpulan,” kata Muhamadun.
Mendekati Pilgub 2018 ini, kata Muhamadun, banyak kegiatan seperti Muslimatan, Fatayatan, dan kegiatan-kegiatan lain yang selalu dimonitoring oleh panwascam. ”hal itu tentu ada intruksi dari atasnya,” imbuh wakil Ketua II DPRD Kabupaten Pati tersebut.
Hal itu, lanjut Muhamadun, dinilai sangat berlebihan. Sepertinya panwas selalu menaruh kecurigaan jika ada sebuah kegiatan. ”Jangan begitulah, itu nanti kesannya seperti suasana mencekam,” kata Muhamadun.
Menanggapi hal demikian, Ketua Panwas Pati, Achwan menjelaskan, setiap kali pihaknya mengetahui adanya sebuah kegiatan mengumpulkan orang banyak, baik itu dari unsur manapun, panwas memamng akan datang dan memonitoring.
”Tujuannya jelas. Karena ini sudah masuk tahap kampanye, monitoring itu untuk memastikan kampanye atau tidak. Kalau itu kampanye, tentu harus mengantongi surat izin, serta perlengkapan lainnya. Tidak usah gelisah,” kata Achwan.
Sementara kalau itu tidak kampanye, lanjut Achwan, pihaknya akan memastikan kepada panitia jangan sampai ada unsur-unsur kampanye yang dimasukkan. Tidak boleh membawa atribut, atau ada hal yang mengarahkan untuk mrncoblos salah satu pasang calon,” imbuh Achwan.
Menurutnya, monitoring yang dilakukan panwas ini malah sangat penting. Hal ini supaya menghindari dari hal-hal yang tak diinginkan. ”Lebih baik ada panwas. Jadi nanti  bisa dimonitor, kampanye atau tidak. Jangan sampai kalau kegiatannya ada yang menyalahi, lalu ada yang melaporkan kegiatannya ke panwas. Kalau ada panwas di tempat kan lebih bisa ditegur langsung dan diarahkan supaya tak terjadi pelanggaran,” pungkasnya. (mil)  
 
  


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »