Soal Ketertiban, Ternyata Masyarakat Masih Belum Sadar





Seorang warga membongkar sendiri lapaknya yang akan ditertibkan Satpol PP pagi kemarin di sekitar Terminal Kembangjoyo.


Lingkar Muria, PATI – Meski sudah sering dilakukan penertiban, namun masyarakat masih belum sadar betul akan keindahan, dan ketertiban kota. Hal ini terlihat dari kegiatan penertiban yang dilakukan Satpol PP pagi kemarin di jalanan protokol Kabupaten Pati.
Dari kegiatan penertiban tersebut, masih banyak ditemukan masyarakat yang melanggar aturan. Seperti berjualan di trotoar, maupun pemasangan pamflet sembarangan. Kepala Satpol PP hadi Santoso melalui Kabid Penegak Produk Hukum Daerah Irwanto mengungkapkan, pihaknya sangat menyesalkan hal demikian.
”Kegiatan penertiban ini memang rutin kami lakukan. Setidaknya dua kali dlam sepekan. Namun untuk beberapa hari yang lalu memang sengaja jarang kami lakukan,” papar Irwanto yang memimpin langsung penertiban siang kemarin.
Hal itu dia lakukan untuk mengetahui tingkat kesadaran masyarakat Kabupaten Pati, terkait ketertiban, dan juga keindahan kota. ”Tadi ditemukan ada beberapa penjual yang sebelumnya pernah menjadi sasaran penertiban. Namun kembali lagi melakukan pelanggaran dengan berjualan di trotoar. Masih kucing-kucingan, mereka belum memiliki kesadaran,” kata Irwanto.
Disamping itu, selain mereka yang dulu pernah ditertibkan, ada juga beberapa pemain baru. ”Kami langsung menegur, dan melakukan penertiban. Guna menciptakan kondisi yang tertib dan indah. Serta mengembalikan fungsi trotoar sebagaimana mestinya,” imbuh Irwanto.
Selain menyasar para pedagang yang berjualan di tempat terlarang, penertiban itu juga menyasar pamflet-pamflet maupun baliho yang terpasang tak sesuai aturan. Seperti menempel di pepohonan, penempelan tak berizin. ”Baliho-baliho yang terpasang sembarangan itu kami tertibkan. Selain mengganggu pemandangan, juga membahayakan,” pungkasnya. (mil)

  




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »