Sudah Ada Surat Edarannya, Masyarakat Masih Bertanya Masa Berlaku E-KTP





Lingkar Muria, PATI – Sebagian masa berlaku KTP elektronik belum semua tertulis berlaku seumur hidup. Ada yang masih tertulis masa berlaku. Misalnya, berlaku hingga 1 Januari 2018. Hal ini masih memicu kebingungan masyarakat. Meskipun sudah diterbitkan surat edaran dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada Jumat (29/1/16) lalu.
Dimana dalam surat edaran tersebut disebutkan dengan jelas, bahwa KTP lektronik berlaku seumur hidup. KTP elektronik tak perlu diperpanjang meskipun di situ tertera masa berlaku.
Pertanyaan-pertanyaan tentang masa berlaku ini masih saja terlontar. Hal ini dibenarkan Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Rubiyono. ”Masih ada beberapa yang sering bertanya tentang masa berlaku KTP elektronik. Sebab ada yang tertera seumur hidup, ada pula yang masih mencantumkan masa berlaku dengan tanggal, bulan dan tahun,” kata Rubiyono.
Untuk, lanjut Rubiyono, pihaknya menegaskan, sesuai surat edaran dengan nomor 470/269/SJ yang ditujukan kepada para gubernur, walikota beserta bupati se Indonesia, bahwa masa berlaku KTP elektronik itu memang seumur hidup.
”Tak perlu melakukan perpanjangan atau perbaikan. Hal itu dilakukan jika terjadi perubahan data diri saja. Misalnya status perkawinan berubah, atau berpindah domisili dan perubahan identitas lainnya. Itu baru diurus lagi,” terang Rubiyono.
Pengumuman itu sudah sangat jelas. Oleh karena itu, dia berharap semua masyarakat memahami pengumuman tersebut. ”Masa berlakunya seumur hidup. Tak perlu melakukan perpanjangan. Meskipun di KTP elektronik yang dipegang itu tertera masa berlaku dengan tanggal, bulan, dan tahun,” papar Rubiyono. (lil)   
         


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »