2019 Pati Menjadi Smart City




PATI – Kabupaten Pati menjadi satu diantara 50 kabupaten/kota di Indonesia yang akan mendapat bantuan pendampingan menuju smart city gagasan dari Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Dalam waktu dekat, pendampingan akan segera dilakukan oleh Kominfo. Hal itu diutarakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Pati, Indriyanto.
”Ya pendampingan akan segera dilakukan dalam waktu dekat. Pendampingan itu berbentuk seperti fasilitasi dalam rangka penyusunan masterplan sebuah smart city,” papar Indriyanto kepada Jawa Pos Radar Kudus saat ditemui di kantornya pagi kemarin Rabu (18/4/18).
Nantinya, lanjut Indriyanto, dalam masterplan tersebut akan dilihat terkait data dukung. Semisal data soal jaringan di sebuah daerah, mengenai kelembagaan, aplikasi-aplikasi yang telah digunakan oleh pemkab sebelumnya, dan masih banyak lainnya yang akan disiapkan untuk melengkapi masterplan.
Setelah dilakukan pendataan terkait data dukung tersebut, baru akan dilakukan sebuah pemetaan mengenai bagaimana sebuah konsep smart city untuk Kabupaten Pati. ”Pemetaan itu, sebab tiap daerah nanti penerapannya akan berbeda, semua sesuai kebutuhan, karakteristik dan juga kearifan lokal daerah,” imbuh Indriyanto.
Lanjut Indriyanto, pendampingan dari Kominfo ini akan dilakukan hingga penghujung 2018 mendatang. Target pada tahun 2019, bentuk kota sebagai smart city sudah harus terlihat. ”Seperti penerapan e-goverment, smart economy, dan semacamnya. Dan perlu diketahui, smart city itu tak semata soal pemanfaatan berbasis teknologi. Akan tetapi lebih kepada bagaimana melayani warganya, dan salah satu menjadi smart city ya memang pemanfaatan teknologi untuk memberikan pelayanan kepada warganya,” jelas Indriyanto. (has)   

MENUJU PATI SMART CITY

WAKTU PENDAMPINGAN
HINGGA AKHIR 2018
PENDAMPING
KOMINFO
MATERI PENDAMPINGAN
PENYIAPAN MASTERPLAN
PENDATAAN DATA DUKUNG
PENYESUAIAN KARAKTERISTIK KOTA
TARGET MENJADI SMART CITY
2019


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »