Dukung Keamanan Lingkungan, TNI Bangun Dua Unit Poskamling




PATI – Satgas TMMD Reguler ke 101 di Desa Godo juga turut peduli dengan keamanan lingkungan. Untuk mendukung hal itu, kemarin Satgas TMMD bergotong-royong membangun dua unit Pos Kemanan Lingkungan (Poskamling).
“Bantuan pembangunan dua unit pos kamling ini merupakan salah satu sasaran fisik dalam program TNI Manunggal membangun Desa (TMMD), selain sasaran betonisasi jalan sepanjang 1700 meter, Rehab RTLH (Rumah Tidak layak huni) 7 unit dan bantuan jambanisasi 20 unit,” ujar Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan sekaligus Dansatgas TMMD.
Menurutnya bantuan pembangunan poskamling ini sangat strategis dan jelas kemanfaatannya. Sebab dengan adanya poskamling ini masalah keamanan desa bisa dilakukan dari kegiatan berjaga di sini.
”Pada prinsipnya sistem keamanan seperti ini pelakunya adalah dari warga sendiri, yang bergantian terjadwal melaksanakan jaga di sebuah Pos yang sering kita sebut Poskamling. Ini bagus dalam rangka menciptakan suasana aman saat malam hari, hal ini akan menjadikan penjahat berfikir dua kali untuk bertindak di sebuah kampung,” imbunya.
Sementara itu Kepala Desa Godo, Suwondo kepada Jawa Pos Radar Kudus mengungkapkan ”Desa Godo saat ini relatif aman, namun dirinya berharap  jangan sampai situasi aman membuat warga terlena. Kewaspadaan harus selalu terjaga, untuk mengantisipasi terhadap perkembangan situasi maupun waspada seperti bencana dan kejahatan,” ujarnya.
Saat ini pembangunan pos kamling sudah mencapai 65 persen. Ada dua unit yang dibangun. Masing-masing berukuran 2,5 x 2,5 meter dengan tinggi 2 meter. Lebih lanjut, Suwondo berharap, pengerjaan poskamling cepat selesai, sehingga dapat segera dimanfaatkan warganya untuk kegiatan berjaga atau bahkan sekadar bertemu menjaga silaturahmi antar warga desa. (has)




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »