Ini Dia Fakta Masjid Al Aqsa yang Bikin Bangsa Indonesia Bangga

sumber : http://www.backpackerumrah.com



Masjid Al Aqsa di Palestina tentu sangat populer. Selain menjadi salah satu latar peristiwa besar Isra’ Mikraj Nabi Muhamad SAW, masjid ini juga menjadi latar konflik. Tentu kita masih ingat beberapa waktu lalu sempat terjadi ketegangan antara Palestina dan Zionis Yahudi yang menyoal masjid ini.
Namun di balik itu semua ada fakta-fakta unik. Salah satu faktanya cukup membuat bangga bangsa Indonesia. Ingin tahu apa saja faktanya? Silahkan baca secara cermat.

1.       Pemilik kubah pertama di dunia
Masjid Al Aqsa menjadi masjid pertama yang memiliki kubah, jauh sebelum masjid-masjid lain di dunia arsitekturnya yang berkubah.
2.       Pernah dijadikan tempat sampah
Saat Kerajaan Romawi menguasai wilayah Yerussalem, masjid ini pernah dijadikan sebagai tempat sampah oleh penguasa Romawi.
3.       Pernah dibakar
Saat berkecamuk perang, Masjid Al Aqsa pernah juga sampai dibakar
4.       Menjadi tempat ditulisnya kitab Ihya Ulumudin
Kitab fenomenal karya Imam Al Ghazali ternya ditulis di masjid ini. Hal ini jarang diketahui banyak orang.
5.       Mimbarnya buatan Jepara
Nah ini dia yang ditunggu, ternyata mimbar masjid ini buatan dari Jepara, Jawa Tengah. Kota Jepara memang terkenal sebagai kota ukir. Jepara juga dikenal sebagai pengekspor barang-barang meubel dari bahan kayu.
6.       Mengilhami nama-nama tempat di Jawa
Nama-nama di Jawa diilhami dari sini. Al-Quds (Yerussalem), Kudus (Jawa), Gunung Moria (Yerussalem), Gunung Muria (Jawa)

Sumber : Infografis NU Online

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »