Peduli, Mbah Roso Ajak Masyarakat Sehat






 
Lingkar Muria, PATI – Sebagai anggota Komisi IX DPR RI, Imam Suroso atau yang akrab disapa Mbah Roso, terus mendorong dan mengajak masyarakat untuk hidup sehat. Sabtu (8/4/2018) lalu, Mbah Roso menggelar Sosialisasi tentang gerakan hidup sehat di Lapangan Desa Pekalongan Kecamatan Winong. 
”Pola hidup sehat dan bersih harus membudaya di kalangan masyarakat. Supaya masyarakat terhindar dari  bermacam penyakit. Gerakat hidup sehat bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana,” papar Mbah Roso kepada Jawa Pos Radar Kudus.
Lanjut Mbah Roso, hal-hal sederhana itu seperti membiasakan makan buah dan sayur, olahraga minimal setengah jam sehari, perbanyak minum air putih, dan melakukan cek gula darah sebulan sekali.
”Menecegah lebih baik dari pada mengobati. Bukankah begitu, dari pada bolak-balik berobat ke dokter,” imbuh politisi PDI Perjuangan ini.
Selanjutnya, Mbah Roso pun memberi perhatian terkait sejumlah makanan yang dinilai tak layak konsumsi. Seperti ramainya produk makanan kalengan yang mengandung cacing di dalamnya.
”Kami sangat prihatin. Kini kami sudah memanggil Kemenkes dan Balai Besar POM. Kami minta segera ditertibkan karena selain jijik tentu itu mengerikan jika memang berbahaya. Oleh karena itu entah kecolongan atau tidak kami minta segera ditindaklanjuti kalau perlu segera ditarik jika berbahaya,”terangnya.
Bahkan agar kejadian serupa tidak kembali terulang, kini DPR RI juga telah menggodok undang-undang tentang pengawasan obat dan makanan. Hal itu dilakukan untuk memperkuat payung hukum dalam langkah kerja BPPOM.
Sementara itu salah satu tokoh masyarakat yang hadir, Endro Dwi Cahyono juga berharap, agar pengawasan terhadap makanan dapat dipertegas kembali. Dia juga meminta agar pengawasan dan tindak lanjut bisa diteruskan hingga ke daerah-daerah. Agar masyarakat tak menjadi korban.
“Pemerintah baik pusat hingga ke daerah juga harus memberi penjelasan apakah benar berbahaya atau tidak sehingga tidak membuat keresahan di kalangan masyarakat,” ujarnya.
Seperti diketahui, di kalangan masyarakat bawah banyak bermunculan informasi yang kebenarannya belum teruji. Bahkan dalam kasus makanan kalengan yang mengandung cacing, itu tidak berbahaya apabila dimasak dengan suhu yang benar. (lil)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »