Belum Genap Sebulan, 20 Nyawa Melayang di Jalanan



Angka Kecelakaan Turun, Kematian Naik


PATI – Angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Pati terbilang masih cukup tinggi. Bahkan dalam catatan Satlantas Polres Pati, dalam bulan April saja, tercatat sebanyak 20 nyawa melayang di jalan raya. Meskipun angka korban kecelakaan naik, namun angka kejadiannya turun.
Kapolres Pati AKBP Uri Nartanti melalui Kasatlantas AKP Ikrar Potawari menuturkan, angka kecelakaan lalu lintas yang masih tinggi ini ditengarai akibat kelalaian pengendara. Banyak pengendara yang sering melanggar aturan hingga mengakibatkan kecelakaan.
”Tingkat kesadaran berlalu lintas masih rendah. Di setiap kecelakaan yang terjadi ditemukan unsur pelanggaran lalu lintas,” papar AKP Ikrar Potawari.
Pelanggaran-pelanggaran itu, lanjut AKP Ikrar seperti menerobos lampu merah, belok tak menghidupkan lampu sein, hingga tidak memakai helm.
Sementara itu secara statistika, di awal tahun 2018 ini, rata-rata kejadian kecelakaan  mengalami penurunan, namun angka korban nyawa melayang di jalanan mengalami kenaikan dibanding tahun 2017 lalu. Hanya di bulan Februari saja yang angka korban meninggal turun.
AKP Ikrar Potawari melanjutkan, pihaknya mengakui kesadaran ketertiban berlalu lintas memang masih rendah. Hal itu diakui ketika pihaknya melakukan kegiatan operasi ketertiban berkendaraan.
”Kami masih sering menemui pelanggaran-pelanggaran berlalu lintas, utamanya yang tidak memakai helm. Mereka selalu berkelit, kalau hanya menempuh jarak dekat. Bagi mereka tak mengapa tak memakai helm. Itu yang sering terjadi,” imbuh AKP Ikrar.
Diakuinya, korban meninggal dari kejadian kecelakaan lalu lintas kebanyakan memang dari pengendara sepeda motor. ”Banyak yang dari pengendara sepeda motor, kalau untuk lokasi yang banyak terjadi kecelakaan, hampir merata. Tak hanya di jalur pantura saja, jalan-jalan provinsi seperti Jalan Pati – Tayu juga kerap terjadi kecelakaan lalu lintas,” pungkas AKP Ikrar Potawari. (hus) 
   

KECELAKAAN LALU LINTAS DI PATI
JANUARI
2017
92 KEJADIAN
16 MD
2018
89 KEJADIAN
22 MD
KEJADIAN TURUN 3 ANGKA
KORBAN MD NAIK 6 ANGKA
FEBRUARI
2017
96 KEJADIAN
22 MD
2018
65 KEJADIAN
7 MD
KEJADIAN TURUN 31 ANGKA
KORBAN MD TURUN 15 ANGKA

MARET
2017
78 KEJADIAN
9 MD
2018
64 KEJADIAN
16 MD
KEJADIAN TURUN 14 ANGKA
KORBAN MD NAIK 7 ANGKA

APRIL
2017
66 KEJADIAN
13 MD
2018
JUMLAH KEJADIAN BELUM ADA CATATAN
20 MD

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »