Permintaan Ikan Meningkat, Harga Terangkat




PATI - Permintaan ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Unit II Juwana mengalami peningkatan. Bahkan, harga masing-masing ikan hasil tangkapan nelayan, juga mengalami kenaikan.
Emi Yuliati, salah seorang bakul di TPI II Juwana mengatakan, hari-hari ini harga ikan memang sedang bagus. Kemungkinan, stabilitas harga ini akan berlangsung hingga pertengahan puasa nanti.
“Tetapi, kalau  sudah memasuki hari ke 20 ramadhan, harga akan menurun. Itupun kami perkirakan tidak seberapa. Kalau harga yang mengalami penurunan derastis itu, biasanya pada bulan 11,” ungkapnya saat ditemui, Jumat (18/5/2018) kemarin.
Dia melanjutkan, untuk naik maupun turunnya harga ikan itu, paling cepat pegaruhnya adalah pada hasil tangkapan nelayan. Semakin banyak kapal yang membongkar ikan di TPI, maka harganya akan semakin rendah.
“Sebaliknya, semakin sedikit kapal yang membongkar ikan, harganya juga semakin tinggi. Itu sudah menjadi hal yang wajar. Apalagi, di TPI ini terlebih dahulu harus melalui sistem pelelangan,” imbuhnya.
Sebagai bakul atau pembeli, Emi juga mempunyai keluhan terkait dengan sistem lelang yang diterapkan oleh TPI setempat. Sebab, proses pelelangan saat ini harus menggunakan uang tunai, tidak boleh menghutang. Sebelumnya, dulu bakul boleh hutang, sehingga hasil pelelangan juga melimpah.
“Kalau harus tunai seperti ini, otomatis kami ya melelang sesuai dengan kemampuan modal yang kami miliki. Lebih dari itu, sudah tidak diperbolehkan,” keluhnya. (hus)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »