Surat Suara Pilgub Mulai Disortir



PATI - Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah kian dekat. Saat ini KPU Kabupaten Pati telah memasuki beberapa tahapan penting. Tahapan itu diantaranya adalah penyortiran dan pelipatan surat suara. Rencananya kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 21 Mei hingga 25 Mei 2018.
Ketua KPU Kabupaten Pati Much Nasich melalui anggota KPU divisi logistik Umi Nadliroh menyampaikan, terkait dengan jumlahnya sesuai dengan aturan yaitu DPT ditambah 2,5%, jadi berjumlah 1.049.166 lembar.
Untuk kerusakan yang ditemukan pada surat suara, tidak terlalu signifikan seperti goresan tinta di sekitar foto pasangan calon serta ada bagian yang terkelupas.
"Untuk surat suara yang ada goresannya di sekitar foto pasangan calon, tidak kita pakai, namun kalau goresannya di belakang foto, masih kita pakai", tambahnya.
Dalam kegiatan pelipatan tersebu, dilaksanakan dari jam 08.00 sampai dengan jam 16.00 selama lima hari. Dikerjakan kurang lebih ada 104 orang terdiri dari panitia, masyarakat sekitar bahkan warga disabilitas.
Dalam pelaksanaan pelipatan surat suara, pihaknya menghimbau kepada para petugas pelipat agar berhati - hati dalam melipat. Karena sesuai dengan arahan, teknik pelipatan adalah 1 ikat berisi 25 surat suara. Jadi jangan sampai lebih dari 25 lembar surat suara dalam 1 ikat.
" sesuai dengan tata tertib yang mana ketika nanti pengawas menemukan tenaga sortir yang di cek ikatannya dalam 1 ikat lebih atau kurang dari 25 lembar, maka tenaga sortir wajib untuk mengulanginya lagi".
"Jadi dalam pengsortiran sendiri benar - benar harus teliti baik dalam melipat maupun mengikat surat suara. Semoga nanti tidak ada kesalahan, tidak ada kekurangan dalam pelaksanan pelipatan surat suara ini", tuntasnya. (has)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »