Jelang Lebaran, Duafa Lansia di Pelosok Pati-Jepara Dapat THR




PATI – Beruntungnya kaum duafa lansia di pelosok Pati dan Jepara. Meskipun mereka jauh dari pusat kota, menjelang lebaran mereka mendapat berkah berupa pemberian paket sembako beserta uang tunai.
Adalah Komunitas Sedekah Lancar Selawase (Selawe) yang mengisiasi kegiatan bagi-bagi THR ini. Pembagian bingkisan ini dilakukan di beberapa desa di daerah Kecamatan Cluwak, Keling, hingga Trangkil. Panitia berkeliling dari rumah ke rumah.
Masruri salah satu panitia pembagian tunjangan hari raya (THR) untuk kaum duafa ini menuturkan, sasaran penerima THR ini adalah kaum dhuafa yang juga usianya telah lanjut. ”Jadi kami memilih untuk mendatangi mereka ke rumah masing-masing,” tuturnya usai membagikan THR kemarin.
 Total kurang lebih ada 90 paket sembako yang berisi beras, mi instan, kecap, teh, dan juga minyak goreng. Serta amplop berisi uang tunai senilai Rp 50 ribu. Kegiatan bagi-bagi THR ini dilakukan untuk ikut memberikan keceriaan juga kepada kaum dhuafa.
Bekal lebaran
”Supaya mereka juga dapat berlebaran dengan bahagia. Punya sembako, punya uang juga. Cukup untuk sangu berlebaran yang tinggal menghitung hari ini,” ungkap Masruri.
Uang untuk sembako dan amplop THR itu diambil dari kas sebuah komunitas sedekah. Komunitas yang lebih banyak bergerak untuk memberikan santunan pada orang sakit dan orang tua ini memiliki banyak anggota yang rutin bersedah satu bulan sekali. ”Di komunitas kami, tiap bulan ada sedekah sebesar Rp 25 ribu. Itu rutin,” imbuh Masruri.
Lebih lanjut, Masruri berharap, apa yang telah diberikan kepada kaum dhuafa tersebut dapat bermanfaat. Terutama untuk kebutuhan di saat lebaran nanti. Tradisi di kampung, lebaran mesti punya biaya yang tidak sedikit.
”Semoga apa yang kami dan para dermawan berikan menjadi keberkahan di bulan Ramadan ini,” harap Masruri. (hus)  




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »