Pembayaran THR Karyawan Dipantau Pemkab Jepara


SUMBER : jepara.go.id


JEPARA – Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dipantau langsung Pemkab Jepara. Pemkab memastikan hak-hak karyawan dipenuhi dengan baik. Pagi kemarin (6/6/2018) Bupati Jepara Ahmad Marzuki melakukan pantauan langsung di lapangan.
” Pemantauan kami lakukan untuk memastikan semua pengusaha telah membayarkan THR karyawan sebelum batas waktu yang telah ditentukan, yakni H-7 Lebaran. Dengan cara seperti itu, kami berharap pekerja bisa memenuhi kebutuhan mereka saat Lebaran tiba,” kata orang nomor satu di Kabupaten Jepara ini.
Sementara itu Kepala Diskopukmnakertrans Trisno Santosa yang turut mendampingi bupati mengatakan, pembayaran THR oleh perusahaan sudah ada aturan dan prosedur yang berlaku. Bagi perusahaan yang ketahuan tidak memberikan hak karyawan dengan benar akan ada sanksi yang siap menantinya. “Kalau memang tidak memberikan THR itu nanti akan ada sanksi, kan ada pengawas perusahaan dan itu akan ditindak lanjuti karena itu termasuk pelanggaran,” ujarnya.
Bentuk Posko
Selain melakukan pantauan di lapangan, Pemkab Jepara juga telah membentuk posko aduan mengenai pembayaran THR. Posko yang bertempat di Diskopukmnakertrans, Desa Pesajen, atau sebelah kanan eks Kantor Pengadilan Agama. Posko pengaduan THR karyawan ini sudah mulai beroperasi sejak awal Ramadhan. Trisno mempersilahkan pekerja untuk melapor bila tidak mendapatkan haknya dengan benar.
Setelah ada pelaporan dari pekerja, selanjutnya akan dilakukan tinjauan lapangan beserta jajaran pengawas perusahaan. Jika benar terjadi pelanggaran maka tindakkan selanjutnya adalah sesuai dengan urutan dan mekanisme yang ada. “Sanksi itu berupa macam-macam, ada teguran lisan, tertulis, sampai dengan penindakan. Itu memang sudah aturan dari yang ada,” tegasnya. (has)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »