Perlu Diketahui, Nginap di Masjid Wajib Lapor




PATI – Upaya pencegahan menjadi agenda penting dalam hal penanganan terorisme. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pati. Aksi terorisme yang belakangan ramai, menjadikan kewaspadaan di Bumi Mina Tani
Hingga akhirnya Bupati Haryanto pun mengeluarkan surat edaran jika ada orang dari luar daerah yang menginap di suatu tempat harus lapor. Termasuk saat menginap di masjid.
Surat edaran tersebut kaitannya dengan keamanan dan ketentraman masyarakat dari pengaruh paham radikalisme dan intoleransi. Hal itu dilakukan untuk kewaspadaan dan antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.
Seperti diketahui, belakangan masjid kerap menjadi sasaran penyemaian bibit-bibit ajaran radikal dan intoleran. Hal tersebut harus menjadi kewaspadaan.
”Bagi orang yang menginap di masjid lebih dari semalam, diwajibkan untuk laporan kepada pihak yang berwenang di tempat tersebut. Harus digalakkan yang punya wewenang dan bertanggung jawab di lingkungan masing-masing juga harus pro aktif,” ungkap Bupati Haryanto.
Lanjut bupati, sekarang ini kondisinya berbeda. Niat bagus pakaian bagus, namun punya tujuan lain, siapa tahu. ”Oleh karena itu kami menghimbau camat dan juga kepal desa melalui surat edaran tersebut bisa mendata jika ada orang-orang yang menginap di masjid setempat,” imbuhnya.
”Jadi misalnya ada musafir yang menginap di masjid lebih dari semalam, mereka harus melapor dan didata RT maupun RW setempat. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan hanya untuk mengantisipasi kejadian – kejadian yang tidak diinginkan,” tambahnya.
Menurut bupati, para pelaku tindak kriminal saat ini sudah susah untuk dibedakan. Pasalnya yang pakaiannya bagus bisa jadi mempunyai niat dan tujuan yang buruk, begitupun yang pakaiannya biasa saja, bisa jadi niat dan tujuannya baik.
“Saat ini ada surat edaran yang mana bagi orang luar yang mau menginap, 1x24 harus lapor kepada RT, RW, tokoh masyarakat maupun kades setempat. Kalau terjadi sesuatu agar bisa cepat segera diatasi,” imbuh bupati. Walaupun di Pati tidak terindikasi bibit-bibit radikalisme, dan masuk kategori tentram dan aman, kewaspadaan juga perlu ditingkatkan. (lil)


  




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »