Tak Boleh Untuk Mudik, Mobil Dinas Dikandangkan




Mobil dinas terparkir di halaman Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pati kemarin.


PATI – Menjelang Hari raya Idul Fitri, Bupati Haryanto mengingatkan para pejabatnya untuk tidak menggunakan kendaraan dinas sebagai sarana penunjang keperluan pribadinya. Misalnya kendaraan dinas untuk kegiatan mudik ke kampung halaman.
”Jangan sampai menggunakan kendaraan dinas untuk keperluan pribadinya masing-masing. Itu tidak diperkenankan,” jelas Bupati Haryanto belum lama ini.
Lebih lanjut, bupati mengingatkan, kalau untuk kepentingan dinas itu jelas diperbolehkan. Tetapi jika hanya untuk kepentingan pribadi semata itu jelas melanggar. Seperti diketahui, dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 87 Tahun 2005 yang mengatur tentang Pedoman Peningkatan Pelaksanaan Efisiensi, Penghematan dan Disiplin Kerja, telah mengatur mengenai penggunaan kendaraan dinas.
Kepentingan dinas
Disebutkan di dalamnya, mobil dinas hanya digunakan untuk menunjang tugas pokok dan fungsi kedinasannya masing-masing. ”Aturannya sudah jelas demikian. Makanya saya himbau jangan digunakan untuk kepentingan pribadi, para kepala dinas itu kan juga punya mobil sendiri. Lebih baik mobil-mobil dinas diparkirkan di kantor masing-masing,” kata bupati dua periode ini.
Sebelumnya, bupati juga telah mengintruksikan langsung kepada para pejabatnya mengenai pemanfaatan kendaraan dinas tersebut. Bupati terus mewanti-wanti supaya kendaraan yang digunakan sebagai operasional dinas dijadikan sarana untuk keperluan pribadi. (has)  




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »