Tiba dengan Selamat, Pemudik Disambut Bupati Haryanto







PATI – Para pemudik yang memanfaatkan program mudik gratis tiba Terminal Kembangjoyo Sabtu (9/6) malam lalu. Kedatangan mereka langsung disambut Bupati Haryanto bersama Forkopimda.
Bahkan, bupati beserta Forkopimda telah menunggu pemudik di terminal sejak pukul 21.00 lebih. Para pemudik kemudian baru sampai sekitar pukul 23.00. Ada empat bus yang sampai.
Bupati Haryanto menuturkan, kegiatan mudik gratis ini paling tidak bisa memberikan kenyamanan bagi masyarakat. Serta membantu meringankan beban pemudik. Seperti diketahui, harga tiket kendaraan biasanya melonjak menjelang mudik lebaran seperti ini.
”Selain hal itu, mudik gratis juga bisa menekan angka pemudik sepeda motor. Mudik dengan motor sangat rawan. Sebab menempuh jalan ratusan kilometer lebih. Lebih aman dan nyaman mudik dengan kendaraan seperti bus ini,” terang Bupati Haryanto didampingi dari Forkopimdan dan juga Kepala Perwakilan Jasa Raharja Pati.
Selain itu, kepada pemudik, bupati berpesan supaya setelah sampai di kampung halaman, waktunya dipergunakan untuk silaturahmi. ”Jangan neko-neko. Setelah sampai di tanah kelahiran waktunya silaturahmi, jangan hura-hura. Sebab setelah lebaran mereka juga akan kembali lagi pada rutinitasnya,” pesan bupati.

Kurangi Pemudik Motor
Kedatangan pemudik ini merupakan fasilitasi dari PT Jasa Raharja. Sementara bus dari pemkab pati baru akan tiba di Terminal Kembangjoyo pada Minggu malam (10/6). Ada delapan bus yang dijadwalkan akan tiba.
Sementara itu Kepala Perwakilan Jasa Raharja Pati, Yoga Sasongko menuturkan, kegiatan mudik ini merupakan program yang telah berjalan sejak kurang lebih 2009 lalu. ”Antusias masyarakat yang ingin mudik menggunakan bus cukup banyak, untuk itu kegiatan ini terus berlangsung,” kata Yoga.
Lanjutnya, untuk tahun ini ada 11 bus yang disediakan, namun yang sampai di Terminal Kembangjoyo ada empat bus, satu bus berisi 50 penumpang. Lainnya berhenti di terminal seperti di Jepara, Kudus, dan kota-kota lain. Untuk kuota yang bisa mengikuti mudik gratis, Jasa Raharja tak membatasi. ”Program ini untuk mereka yang mudik menggunakan sepeda motor, kami alihkan untuk mau naik bus. Pendaftarannya melalui sistem online. Jadi tergantung pendaftarnya,” imbuh Yoga.
Salah satu penumpang, Suwanti mengaku senang dengan program mudik gratis ini. Dia yang mudik bersama kedua anaknya merasa sangat terbantu. ”Terimakasih telah ada program mudik gratis. Sangat membantu, apalagi ongkos pulang kampung sekarang sangat mahal,” jelasnya. (has)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »