61 Desa di Pati Pastikan Ikuti Pilkades Serentak Tahap Kedua 2018

SUMBER : ISTIMEWA



PATI – Desa peserta pemilihan kepala desa (pilkades) serentak gelombang kedua mengalami penambahan. Dari semula 55 desa yang mengikuti pilkades serentak, kini bertambah menjadi 61 desa.
Jumlah tersebut menyebar di seluruh wilayah Kabupaten Pati. Kecuali Kecamatan Batangan. Kabag Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Pati melalui Kasubbag Tata Pemerintahan Desa Indah Febriana mengungkapkan, penambahan jumlah peserta pilkades itu lantaran ada perubahan. ”Ada perubahan, karena tahapan pilkades itu menyesuaikan Akhir Masa Jabatan (AMJ) kepala desa, sehingga pihak desa sudah siap mengikuti pilkades. Makanya ada perubahan,” jelas Indah.
Selain itu pada pilkades serentak nanti, ada juga Desa Bancak di Kecamatan Gunungwungkal yang bakal mengikuti pilkades lagi. Lantaran saat pilkades serentak gelombang pertama 2015 lalu, syarat calon minimal dua calon tidak terpenuhi. ”Meski sudah diperpanjang masa pendaftarannya,” imbuh Indah.
Aturan Baru
Selain itu, dalam pilkades ini diwarnai beberapa aturan baru, seperti regulasi syarat kepala desa yang boleh dari luar desa. Aturan tersebut tertuang dalam keputusan MK Nomor 128/PUU-XIII/2015.
Saat ini perubahan perda mengenai kepala desa sedang disiapkan. Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pati Aji Sudarmaji mengungkapkan, draf perubahan saat ini telah mendapat fasilitasi dari gubernur. ”Namun hasil fasilitasi tersebut belum turun. ya mestinya tidak terlalu lama bisa turun. semoga dalam bulan ini bisa turun,” ungkap politisi Partai Golkar ini. Namun, diyakini sebelum pilkades serentak nanti, aturan sudah disesuaikan dengan keputusan MK yang sifatnya mengikat tersebut.  (mil)   

JUMLAH DESA PESERTA PILKADES SERENTAK GELOMBANG II 2018
1
GUNUNG WUNGKAL
SUKOLILO
GEMBONG
KAYEN
2
TAMBAKROMO
TLOGOWUNGU
JAKEN
3
PUCAKWANGI
MARGOYOSO
CLUWAK
TAYU
DUKUHSETI
PATI
TRANGKIL
4
JAKENAN
WEDARIJAKSA
GABUS
5
WINONG
6
MARGOREJO
7
JUWANA


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »