Pantai Banyutowo Bersolek, Angka Wisatawan Dikerek


Salah seorang pengunjung sedang bersantai di pinggir Pantai Idola Desa Banyutowo Kecamatan Dukuhseti. Di sampingnya berdiri gardu pandang.


PATI – Pantai di Desa Banyutowo yang dinamakan Pantai Idola makin hari makin bersolek saja. Berbagai fasilitas pun mulai serius digarap pengelola. Tak heran, pantai yang dulunya kotor dan tak terawat ini, kini tiap harinya ramai dikunjungi wisatawan.
Berbagai fasilitas penunjang itu mulai dari restoran di tengah tambak, bebek-bebekan, gardu pandang, hutan mangrove, dan masih banyak lagi. Keberhasilan menyulap Pantai idola tak luput dari perjuangan warga sekitar.
Mereka adalah warga dari Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti sendiri, yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Putra Bahari yakni, Yoyon, Harto, dan Sunardi. Mereka mampu menyulap pantai yang dulunya tak terawat menjadi pantai yang indah yang kini diberi nama Pantai Idola.
Pengelola Pantai Idola, Sunardi mengungkapkan, dulu pantai ini sangat kotor dan tidak tertata. Sebagiannya juga hanya tambak-tambak ikan milik warga. Kemudian ditata, dan syukur sekarang sudah bisa bagus seperti ini walaupun masih belum sempurna.
“Dulu kita bertiga, yakni saya mas Yoyon dan mas Harto kerja dari pagi sampek sore untuk menata pantai ini. Bahkan banyak yang mencomooh, tapi kita tetap yakin pantai ini bisa dikelola menjadi objek wisata yang bagus,” ungkap Sunardi yang juga wakil ketua Pokdarwis Pati saat ditemui kemarin.
Jalin Kerjasama dengan Desa
Dirinya menjelaskan, dalam menjadikan Pantai Idola menjadi bagus. Pihaknya lalu bekerjasama dengan pihak Desa dan Bumdes, selain itu warga, pemilik tambak, dan nelayan juga mereka rangkul untuk sama-sama membesarkan Pantai tersebut.
“Pengelolaan ini juga lewat Bumdes, pemilik tambak juga kita ajak kerjasama, pokoknya kita ajak kerjasama semua. Karna nanti hasilnya juga untuk kesejahteraan masyarakat sini juga,” jelasnya.
 “Kedepan akan kita tata lagi, fasilitasnya juga akan terus kita tambah. Sehingga pengunjung bisa terus bertambah. Sekarang ini saja setiap hari rata-rata pengunjung bisa mencapai 1000 an,” pungkasnya.
Diketahui, meski baru dibuka pada maret lalu. Pantai Idola yang berada di Desa Banyutowo kini mulai ramai oleh pengunjung. Untuk berlibur kesana, pengunjung hanya dibebani biaya parkir motor 2 ribu rupiah, dan untuk mobil 10 ribu rupiah. (mil)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »