Enam Nasehat Hidup dari Mbah Maimun Zubair

SUMBER : ARRAHMAH


Dalam mengarungi kehidupan, ada berbagai tantangan. Untuk melewati tantangan, perlu sebuah persiapan serta bekal. Salah satunya adalah dengan bekal dari para guru dan kiai. Melalui nasehat-nasehat bijaknya, terkadang bahkan sering kali manfaatnya bisa kita rasakan betul.
Berikut rangkuman enam nasehat kehidupan dari KH Maimun Zubair. Pengasuh Pondok Pesantren Al Anwar Sarang. Salah satu ulama sepuh yang kealimannya sudah tidak bisa diragukan lagi. Basehat ini disarikan dari berbagai kesempatan mauidhoh hasanah yang disampaikan Mustasyar PBNU ini.

1. Ojo kakean suudzon mundak peteng atilan rekoso urip artinya jangan sering buruk sangka biar hatimu tidak gelap dan tidak hidup sengsara.
2. Benci ojo nemen, mundak nyanding artinya jangan terlalu benci nanti malah nempel.
3. Kudu wani ngetoke gagah senajan rasane kudu nangis artinya harus berani tampil kuat meski sebenarnya pengen nangis
4. Aku seneng karo wong sing ora patio weruh donyo artinya aku suka dengan orang yg tdk begitu mengurusi harta dunia
5. Yen duwe karep kok durung istitho'ah ojo dipikir nemen, mundak cepet mati artinya kalau punya keinginan tapi kok belum mampu, maka jangan terlalu dipikir supaya tidak cepat mati
6. Santri yen wes muleh kudu wani istiqomah artinya santri kalau sudah pulang kampung dari tempat belajar/pondok pesantren harus berani istiqomah. (has)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »