HUT RI, Tujuh Napi di Pati dapat Remisi Langsung Bebas

Beberapa napi yang menghuni lapas kelas II B Pati sedang membuat paving



PATI – Dari total 222 narapidana (napi) di Lapas Kelas II B Pati, yang diajukan menerima remisi, sudah disetujui 211 yang bisa menerima. 11 lainnya masih dilakukan perbaikan data. Dari 211 tersebut, tujuh napi mendapat remisi langsung bebas per tanggal 18 Agustus.
Penyerahan remisi secara resmi dijadwalkan akan dilakukan oleh Bupati Haryanto hari Jumat (17/8/2018) ini di Aula Lapas Kelas II B Pati. Kepala Lapas Kelas II B Irwan Silais mengungkapkan, untuk yang langsung bebas memang ada tujuh. Empat napi akan keluar pada 18 Agustus, sementara tiga lainnya sudah keluar terlebih dahulu karena cuti bersyarat.
”Sementara itu, dalam remisi umum 17 Agustus ini, besaran pengurangan masa tahanan bervariasi. Dari satu bulan hingga sampai enam bulan pengurangan masa tahanan,” jelas Irwan.
 Lebih lanjut, mengenai 11 napi lainnya yang masih dalam perbaikan, kemungkinan masih bisa menerima remisi yang disebut dengan remisi susulan setelah ini. ”11 itu masih melakukan perbaikan data administrasinya saja. Sebab dalam lampiran-lampiran itu biasanya yang bermasalah. Seperti lampiran vonis, serta putusan yang telah dilaksanakan oleh jaksa. Itu kadang ada yang kurang sesuai. Mungkin kurang klop, nah itu saat diteliti saat pengajuan remisi biasanya yang menjadi kendala,” jelas Irwan.
Seperti diketahui, remisi diberikan karena napi yang bersangkutan diketahui sebagai warga binaan yang berkelakuan baik. Tidak melanggar peraturan. Sebab, ketika ada napi yang berkelakuan tidak baik, maka dia akan dicatat di sebuah register. Kerugiannya dia tidak bisa diikutkan untuk usulan menerima resmisi. (hus)
  


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »