Tahapan Pilkades Menunggu Perbup Baru, Atur Domisili Cakades Setelah Terpilih

ISTIMEWA


PATI – Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Pati 2018 masih dilakukan sejumlah persiapan. Salah satunya penggodokan perbup terkait pelaksanaan teknis pilkades yang bakal dilangsungkan pada akhir tahun ini.
Kasubbag Pemerintahan Desa Indah Pebriana mengungkapkan, saat ini tahapan pilkades serentak memang sedang menunggu perbup baru. ”Prosesnya sudah dua pekan lalu. Kemungkinan pekan depan perbup selesai. Selanjutnya kami akan melakukan sosialisasi penyelenggaraan pilkades serentak ini  pada awal September mendatang,” jelas Indah.
Atur Domisili Setelah Terpilih
Perbup itu, lanjut Indah, di dalamnya memuat mengenai aturan domisili. Dimana untuk menunjang kinerja supaya lebih efektif dan efisien, kepala desa yang terpilih harus berdomisili di desa yang dipimpinnya.
”Perbup ini mengacu pada putusan MK, dan juga menyesuaikan revisi perda tentang kepala desa yang baru-baru ini telah ditetapkan. Kalau di putusan MK hanya menghapus syarat domisili minimal setahun untuk bisa mencalonkan diri. Nah untuk menunjang kinerja yang baik, di dalam perbup diatur mengenai ketentuan untuk bersedia tinggal setelah benar-benar terpilih sebagai kepala desa setempat,” imbuhnya.
Sosialisasi mengenai pelaksanaan pilkades serentak ini, ditujukan kepada camat, dan juga BPD di desa masing-masing. ”Pendaftaran untuk pilkades baru dilakukan setelah tahap persiapan telah selesai. Tahapan yang kami rancang, pekan ketiga September, baru akan dibentuk panitia pemilihannya,” papar Indah. (hus)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »