Ternyata Semangka Banyak Manfaatnya Luur !




Buah satu ini sangat populer dimanapun. Apalagi saat cuaca panas seperti ini, menyantap buah ini pastilah segar, dan nikmat. Namun di balik rasanya yang memikat itu, ada beberapa fakta menarik tentang buah satu ini.
Dilansir dari dokter.id, ada enam manfaat semangka yang baik untuk tubuh kita. Apa saja itu? Manfaat keenam paling banyak disukai para kaum wanita. Sedangkan para pria menyenangi manfaat nomor lima.

1.      Meningkatkan Kerja Otak
Semangka mengandung banyak vitamin B6 yang memiliki peranan penting untuk membantu otak menjalankan fungsinya.

2.      Mengandung Banyak Air
Semangka merupakan buah yang mengandung sangat banyak air. Sekitar 91.5% semangka terdiri dari air. Mengkonsumsi semangka dapat membantu mencegah terjadinya dehidrasi. 

3.      Mengandung Likopene 
Segelas jus semangka mengandung sekitar 1.5 kali lebih banyak likopene dibandingkan dengan sebuah tomat besar. Likopene merupakan suatu antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah kerusakan pada sel akibat radikal bebas. Selain itu, likopene juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Likopene juga dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kanker.

4.      Membantu Menjaga Kesehatan Mata
Karena semangka mengandung banyak vitamin A, maka semangka juga sangat baik bagi kesehatan mata Anda. Vitamin A dapat membantu meningkatkan ketajaman penglihatan Anda dan melindungi mata Anda dari berbagai kuman penyebab infeksi. Mengkonsumsi sekitar 100 gram semangka setiap harinya dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda dan menjaga ketajaman mata Anda.

5.      Mengurangi Nyeri Otot
Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa sari buah semangka dapat membantu mengurangi nyeri otot. Hal ini dikarenakan semangka mengandung banyak citrulin, suatu zat yang dapat membantu meningkatkan fungsi arteri dan menurunkan tekanan darah. 

6.      Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV
Karena semangka mengandung banyak likopene, maka mengkonsumsi semangka dapat membantu melindungi kulit Anda terhadap bahaya paparan sinar UV, luka bakar akibat sinar matahari, dan menurunkan resiko terjadinya kanker kulit. (mil)

sumber : https://www.dokter.id/berita/6-fakta-menarik-mengenai-semangka


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »