Tips Sehat, Mengobati Batuk dengan Madu

Manfaat madu untuk mengobati batuk




Dikutip dari Klikdokter.com, untuk mengatasi batuk ada bermacam cara menanganinya. Termasuk dengan pengobatan herbal menggunakan madu. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan pengobatan batuk dengan menggunakan madu bisa hasilnya signifikan.
dr. Citra Roseno menuliskan di situs yang sama, sebuah studi dilakukan pada 105 anak berusia 2-18 tahun yang sedang menderita infeksi saluran napas atas. Mereka diberikan dua sendok teh madu buckwheat sebelum tidur. Ternyata madu dapat mengurangi gejala batuk pada malam hari, sehingga memperbaiki kualitas tidur mereka.
Studi tersebut juga membandingkan efek madu dan zat yang terkandung dalam obat batuk dextromethorphan, dan menemukan bahwa madu sama efektifnya dengan dextromethorphan.
Studi lain dalam jurnal Pediatrics juga menunjukkan bahwa keluhan batuk pada anak-anak yang diberikan madu menjadi berkurang, lebih ringan, dan membaik tidurnya dibandingkan kelompok anak yang tidak mendapatkan madu.
WHO juga menyarankan penggunaan madu untuk mengobati batuk pada negara berkembang yang memiliki akses terbatas memperoleh obat-obatan.
Mekanisme kerja madu dalam meredakan batuk sebetulnya belum jelas. Namun diyakini terdapat sekitar 181 zat natural yang memiliki kemampuan antioksidan dan antimikrobial, di mana kombinasi di antaranya dapat membuat madu menjadi obat alami yang efektif.
Nah, redaksi berusaha menampilkan tips bagaiaman cara mengobati batuk menggunakan madu. Ada beberapa cara, redaksi menyuguhkan yang paling mudah untuk dipraktikkan saja.
Dilansir dari batukflu.com, ada tiga cara mudah untuk melakukannya yaitu :
1.      Mengkonsumsi madu secara langsung
Cara ini sangat praktis dan mudah karena tinggal mengkonsumsi madu sesuai dosis yang telah ditentukan. Menurut penelitian, mengkonsumsi madu pagi hari akan terjaga kesehatannya sampai malam hari dan ketika mengkonsumsi madu sebelum tidur di malam hari akan menjaga kesehatannya sampai pagi hari. Namun perlu diingat, mengkonsumsi madu sebelum tidur harus disertai dengan mengosok gigi setelah mengkonsumsi madu agar tidak timbul penyakit lainnya yaitu penyakit gigi.
2.      Mengkonsumsi teh hangat dicampur madu
Cara ini memang sangat sering digunakan oleh sebagian besar orang Indonesia. Karena selain lebih enak, mengkonsumsi teh hangat dicampur madu akan mampu mengoptimalkan pengobatan batuk. Hal ini dikarenakan teh hangat mampu melegakan tenggorokan dan mampu mengusir dahak di tenggorokan sehingga akan lebih cepat, tepat dan efekti dalam menyembuhkan batuk.
3.      Mengkonsumsi Jahe hangat dicampur madu
Cara ini sama seperti diatas mampu menyembuhkan batuk secara ampuh. Kita ketahui bersama jahe mampu mengobati penyakit terutama batuk karena jahe mampu melegakan tenggorokan, mengecerkan dahak serta melegakan hidung tersumbat akibat pilek. Selain itu, jahe dan madu memiliki khasiat yang sama yaitu mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mampu melindungi tubuh dari serangan virus penyebab batuk serta mampu melawan virus tersebut. Oleh sebab itu mengkonsumsi jahe hangat dicampur madu memang paling dihandalkan untuk mengobati batuk.
Demikian tips dan sedikit penjelasan mengenai kemanfaatan madu. Terutama untuk mengobati sakit batuk. Semoga bermanfaat. (hus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »