Tutup TMMD Sengkuyung, Tuntaskan Sasaran Dua Desa di Pati

Beberapa warga dan TNI mengerjakan pembangunan jalan di Desa Karangsari Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati


PATI – TMMD Sengkuyung Tahap II 2018 telah rampung. Penutupan secara resmi dilakukan di Desa Karangsari Kecamatan Cluwak Rabu (8/8/2018) lalu. Sasaran pokok dan tambahan berhasil diselesaikan di dua lokasi sasaran Desa Kasiyan di Kecamatan Sukolilo dan Desa Karangsari di Kecamatan Cluwak.
Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan mengungkapkan, kegiatan TMMD ini dalam rangka memberikan bantuan kepada daerah-daerah yang terpencil di Kabupaten Pati. Bantuan dalam rangka pembangunan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.
”Dua lokasi sasaran TMMD telah rampung 100 persen pengerjaannya. Harapannya fasilitas terutama akses jalan ini bisa dirawat bersama supaya tetap bisa bermanfaat untuk kepentingan warga setempat,” jelas Dandim Arief Darmawan kepada Jawa Pos Radar Kudus.
Seperti diketahui, dalam kegiatan TMMD Sengkutyung tahap II 2018 ini ada beberapa kegiatan yang dilakukan. Seperti di Desa Kasiyan sasaran pokok mencakup sasaran fisik pembangunan 900 meter jalan beton. Dengan sasaran tambahan berupa renovasi rumah tak layak huni 3 unit dan pembangunan satu unit gorong-gorong.
Sementara di Desa Karangsari sasaran fisik pokok mencakup pengaspalan jalan sepanjang 600 meter, makadam jalan sepanjang 1.900 meter, 1 unit poskamling, dan 8 unit gorong-goreong.
22 Kegiatan Non Fisik
Selain itu, kegiatan non fisik juga dilakukan. Seperti kegiatan penyuluhan dan juga pelatihan-pelatihan. Total sekitar ada 22 kegiatan non fisik.
Lebih lanjut, secara nasional TMMD Sengkuyung II 2018 ini mengutamakan infrastruktur jalan di desa-desa terpencil atau terisolir, fasilitas umum hingga rendahnya kualitas hidup masyarakat.
”Termasuk di Pati ini, TNI berhasil mewujudkan program rehab rumah tidak layak huni sebanyak 200 unit. pembukaan 86 kilometer jalan baru, betonisasi atau pengerasan jalan sepanjang 60 kilometerpembuatan MCK sebanyak 43 unit, pembangunan drainasi di lebih dari 30 desa, hingga pembuatan pos kamling. Semoga dapat bermanfaat untuk rakyat, dan lebih mempereat sinergitas TNI-Rakyat. Dimana dalam keseharian kegiatan TMMD ini masyarakat secara langsung terlibat bergotong royong bersama aparat,” papar Dandim Arief Darmawan. (has)
 
CAPAIAN TMMD SENGKUYUNG TAHAP II 2018 DI PATI

DESA KASIYAN SUKOLILO
900 METER JALAN COR
3 UNIT RTLH
2 UNIT GORONG-GORONG
DESA KARANGSARI CLUWAK
600 METER JALAN ASPAL
MAKADAM JALAN 1.900 METER
1 UNIT POSKAMLING
8 UNIT GORONG-GORONG



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »