Geram Pembuang Sampah Sembarangan, Bupati Pati Intruksikan Tim Pengintai




PATI – Masih ditemukannya perilaku buang sampah sembarangan, terutama di jalanan, membuat geram banyak pihak. Termasuk Bupati Haryanto, rencananya akan ada pengintaian di tempat-tempat yang dijadikan sasaran buang sampah sembarangan.
”Perda kita sudah ada yang jelas mengatur tentang sampah. Namun masih saja ada yang buang sampah sembarangan. Padahal sudah dipasang papan peringatan tetap saja tak diabaikan,” geram bupati melihat perilaku masyarakat yang belum cinta lingkungan.
Lebih lanjut, bupati dalam waktu dekat akan mengintruksikan, utamanya kepada penegak perda yaitu Satpol PP, untuk bisa menangkap pembuang sampah yang seenaknya saja. Sebagaimana disebutkan dalam Perda Nomor 7 Tahun 2010 tentang pengelolaan sampah. Setiap orang yang dengan sengaja membuang sampah di jalan umum, tempat umum dan lain-lain bisa dikenakan sanksi kurungan paling lama enam bulan, atau denda Rp 50 juta.
Intai Lokasi
 ”Itu kalau diintai semalam pasti dapat pelakunya. Mereka harus diberi efek jera. Informasinya, biasanya para pembuang sampah itu malam-malam, saat sepi,” kata bupati. Apabila merasa tak sanggup, penegak perda, lanjut bupati nanti bisa meminta bantuan aparat lain.
Dari pantauan di lapangan, sampah yang berserakan di pinggir jalan masih kerap ditemukan. Belum lagi sampah-sampah yang di buang ke kali atau saluran air lainnya. Yang paling menarik perhatian munculnya sampah di Jalan Raya Pati – Tayu turut Desa Tambaharjo. Sudah dipasang papan peringatan, sampah masih saja menumpuk di pinggiran jalan.
Selain di tempat tersebut, di Jalan Raya Pati – Tayu dekat dengan pangkalan truk tebu PG Trangkil juga dijadikan sasaran buang sampah. Di daerah Juwana, juga demikian. (yan)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »