Komunitas Panahan CAT, Diikuti Lintas Profesi, Miliki Motto Sunah





Bukan hanya para atlet prestasi saja yang tergabung di komunitas Cendekia Archery Team (CAT). Komunitas pecinta olahraga panahan ini diikuti lintas profesi. Ada pegawai swasta, pelajar, hingga pensiunan pegawai negeri pun ikut.
  Hal itu lantaran ada motto menarik yang diselipkan di komunitas ini. Dimana, CAT memiliki motto yaitu Sunah, Sportif, dan Berjaya. Sunnah menjadi menarik. Sebab, kebanyakan anggota dari kalangan penghobi menjadikan motto tersebut sebagai alasan dirinya ikut bergabung. Selain untuk olahraga, dan juga hiburan.
Seperti yang diungkapkan Nugroho Prasetya, salah satu anggota CAT yang sudah bergabung sekitar dua bulan belakangan. Warga Desa Blaru Kecamatan Pati ini mengikuti komunitas ini lantaran ingin mengambil sunnahnya olahraga tersebut.
Seperti diketahui, dalam sebuah riwayat, ada dua jenis olahraga yang disunahkan Nabi Muhamad SAW. Panahan, dan juga berkuda,.
”Ya salah satunya mengikuti olahraga panahan ini untuk mengikuti jejak nabi. Sebagaimana yang saya dengar, nabi menganjurkan kita untuk berlatih olahraga panahan,” kata Nugroho.
Totalitas
Nugroho bahkan boleh dibilang antusias mengikuti komunitas ini. Bahkan dia sering kali sampai mencari tahu mengenai seluk-beluk olahraga panahan ini. Seperti mengenai busur, anak panah, dan tips-tips olahraga panahan ini.
”Ya saya sering penasaran, dan kadang mencoba ingin tahu lebih,” katanya.
Ketua Cendekia Archery Team (CAT), Nurhuda menambahkan, memang banyak dari kalangan penghobi yang mengikuti komunitas panahan ini sebagai sunah. ”Mereka ikut memang kebanyakan mengetahui panahan sebagai anjuran olahraga dari Rasulullah SAW,” jelasnya.
Selain itu, dalam olahraga panahan ini ada banyak keseruan, sekaligus manfaat yang bisa didapatkan. Seperti melatih kesabaran dan konsentrasi, melatih kordinasi dan kecepatan, serta bisa meningkatkan rasa percaya diri. (hus)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »