Masih Sulit Wujudkan Perpus Layak Anak di Pati






PATI – Perpustakaan yang benar-benar layak anak masih sulit diwujudkan di Kabupaten Pati. Hingga saat ini, perpustakaan milik daerah pun belum bisa dikatakan sebagai perpustakaan yang layak anak. 
Secara umum ikhtiar mewujudkan perpustakaan daerah di Kabupaten Pati untuk menjadi perpustakaan yang layak anak sudah dilakukan pemerintah melalui dinas terkait. Namun, lebih spesifik untuk dikategorikan menjadi perpustakaan yang benar-benar layak anak, hal tersebut masih jauh dari harapan.
Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Pati Suwanto melalui Kasi Perpustakaan Erning Widyastuti mengakui hal tersebut. Menurutnya, ada banyak yang perlu disiapkan dalam rangka mewujudkan perpustakaan yang benar-benar ramah anak. ”Ya memang belum bisa dikatakan menjadi perpustakaan yang layak anak. Karena ada beberapa hal,” papar Erning.
Banyak Kriteria
Untuk menjadi benar-benar layak anak, lanjut Erning ada beberapa hal yang mesti dipenuhi. Seperti dalam penyediaan ruang baca. Selama ini ruang baca tercampur menjadi satu. Seharusnya ada ruang baca khusus untuk anak-anak.
Dengan begitu, koleksi bacaan untuk dewasa, tidak bisa diakses anak-anak. Dimana koleksi bacaan anak-anak ini lebih kepada buku-buku cerita, dongeng, dan semacamnya. Selain itu keberadaan ruang bermain serta kelengkapan teknologi informasi, juga perlu didukung.
”Ruang bermain memang sudah ada. Kelengkapan teknologi seperti fasilitas komputer juga sudah ada, namun hal masih kurang untuk disebut benar-benar menjadi perpustakaan yang layak anak,” imbuh Erning.
 Secara prinsip, Erning mengaku sudah ada prinsip yang mengarah kesana. Namun diakuinya belum berjalan maksimal. ”Yang paling penting, harus ada komitmen supaya perpustakaan yang benar-benar layak anak itu cepat terealisasi. Untuk target, memang belum bisa dipatok secara pasti,” jelasnya. (hus)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »